KUMPULAN MATERI AGAMA KATOLIK TINGKAT SMP/SMA DAN UMAT REVISI

Unduh RPP 1 Halaman Agama Katolik Part 4 Revisi Terbaru

Kekatolikan- Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangakan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapat Kopetensi Dasar (KD). RPP yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, dan buku panduan guru.

Setiap Guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis sebagai langkah awal dari proses pembelajaran. Hal ini dimaksudkan agar pembelajaran dapat berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan efisien dalam rangka mengembangkan keterampilan berfikir tingkat tinggi. RPP di susun berdasarkan serangkaian KD yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Penyusunan RPP ini dilakukan pada setiap awal semester atau awal tahun pelajaran, namun perlu diperbaharui sebelum pembelajaran dilaksanakan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                     : SMP....
Mata Pembelajaran   : Pendidikan Agama Katolik
Kelas/Semester         : VII/Genap
Alokasi Waktu          : 1x pertemuan (3x40 menit)
Tanggal Pelaksanaan:.......

A. Kompetensi Inti
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan memuat) dan rana abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar
3.6 Memahami makna Gereja sebagai paguyuban untuk beriman.
4.6 Melakukan aktivitas (misalnya membuat refleksi/menyusun doa/puisi/melakukan wawancara) berkaitan dengan makna Gereja sebagai paguyuban umat beriman.

C. Indikator
1. Menyebutkan kegiatan Gereja Perdana seperti dikisahkan dalam Kis 2: 41-47
2. Menjelaskan ciri-ciri Gereja sebagai persekutuan berdasarkan interpretasi terhadap Kis 2: 41-47.
3. Menyebutkan contoh wujud kehidupan Gereja sebagai persekutuan di masa sekarang

D. Tujuan
Peserta didik dapat:
1. Memahami sfat/ciri Gereja
2. Mengerti tentang perwujudan sifat/ciri Gereja dalam hidup sehari-hari.

E. Materi Pembelajaran
Ciri Gereja Sebagai Paguyuban

F. Media, Sumber, Metode Pembelajaran
1. Media:
a. Laptop
b. LCD
2. Sumber Pembelajaran
1. Kitab Suci
2. Belajar mengikuti Yesus Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas VIII. Komisi Kateketik KWI, Yongyakarta: Kanisius.
3. Pengalaman Siswa
3. Metode Pembelajaran
Pengamatan, tanya jawab, diskusi, studi pustaka
G. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegitan Pendahuluan
1. Guru membangun suasana belajar yang kondusif
2. Mengajak peserta didik mengawali pelajaran dengan Doa
3. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dipelajari, kegiatan yang akan dilaksanakan dan penilaian dan penilaian yang akan dilakukan.

b. Kegiatan Inti
1. Peserta didik diminta untuk membaca secara perlahan-lahan kalimat demi kalimat dari syahadat hasil Konsili Nicea Konstantinopel.
2. Peserta didik diminta untuk mengamati kembali sebagaian kalimat dari Doa Aku Percaya tersebut khususnya yang menyangkut sifat/ciri Gereja
3. Peserta didik diminta untuk dirumuskan beberapa pertanyaan sehubungan dengan sifat/ciri Gereja yang tercantum dalam doa Akun Percaya 
4. Peserta didik diminta untuk duduk berpasangan kemudian mencari jawaban atas pertanyaan yang telah mereka rumuskan dan membuat laporan.
5. Peserta didik menyampaikan hasil diskusinya dalam kelompok yang lebih besar
6. Guru memberikan beberapa peneguhan
7. Guru kembali meminta peserta didik untuk menyampaikan sifat/ciri gereja
8. Peserta didik diberi waktu 20 menit untuk melakukan wawancara kepada guru yang beragama katolik atau melakukan studi pustaka, menemukan cara yang dapat digunakan untuk mewujudkan sifat/ciri gereja tersebut dalam kehidupan sehari-hari
9. Peserta didik merumuskan hasilnya dalam bentuk laporan dipersentasikan atau dikumpulkan kepada guru
10. Guru memberikan penjelasan/peneguhan

c. Penutp
1. Guru mengajak para peserta didik untuk duduk, hening dan memejamkan mata, sambil menyampaikan refleksi
2. Peserta didik menuliskan hasil refleksi mereka dalam buku catatan mereka.
Sebagai penutup proses pembelajaran, guru mengajak peserta didik untuk berdoa bersama.

H. Penilaian 
Tehnik
1. Observasi
2. Penilaian diri
3. Test tertulis
4. Tertulis
Nilai
1. 4=Selalu
2. 3=Sering
3. 2=Kadang-kadang
4. 1=Tidak pernah 

1. Sikap Spritual
Istrumen Penilaian
1. Bersyukur atas adanya berbagai kegiatan di gereja
2. Menyatakan rasa syukur dengan mengikuti kegiatan yang ada di gereja
3. Mengajak teman yang lain untuk mengikuti kegiatan yang ada di Gereja

2. Sikap Sosial
a. Tehnik : Observasi
b. Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
Insturmen Penilaian
1. Tanggapan
2. Disiplin
3. Tanggung jawab
4. Kreatifitas
5. Integritas
6. Hospitality
7. Kasih sayang
8. Rasa hormat
9. Keadilan

3. Penilaian Pengetahuan
Instrumen
1. Sebutkan kegiatan Gereja Perdana seperti dikisahkan dalam Kis 2:41-47
2. Jelaskan ciri-ciri Gereja sebagai persekutuan berdasarkan interpretasi terhadap Kis 2:41-47!
3. Sebutkan contoh wujud kehidupan Gereja sebagai persekutuan di masa sekarang!
Kunci jawaban
1. Mereka selalu hidup dalam persekutuan dengan bertekun dalam pengajaran para rasul, selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa bersama, segala kepunyaan mereka adalah milik bersama, satu sama  lain saling melayani dan berkurban, selalu hidup dengan gembira dan tulus hati, mereka juga salig mengenal, memiliki ikatan batin, memiliki iman yang sama yaitu kepada Yesus Kristus dan menjalankan cara hidup yang sesuai dengan kehendak Kristus.
2. Ciri Gereja sebagai persekutuan berdasarkan interpretasi Kis 2:41-47 Ialah Gereja yang satu, kudus, katolik dan apostolik.
3. - Aktif dalam kehidupan Gereja,  Setia dan taat pada persekutuan umat dan hierarki, Bersikap jujur dan terbuka satu sama lain, Memperlihatkan kesamaan dari pada perbedaan, Mengadakan berbagai kegiatan sosial.

4. Keterampilan
1. Tehnik : Proyek
2. Bnetuk Instrumen : Buatlah rancangan kegiatan dalam lingkungan dan laksanakan kegiatan tersebut bersama dengan teman kelompokmu.
Aspek dan Indicator penilaian
1. Persiapan= Melakukan persiapan dalam bentuk pertemuan-pertemuan, membuat rencangan-rencangan.
2. Pelaksanaan= Membuat agneda kegiatan, membuat catatan temuan
3. Pelaporan=Membuat laporan kegiatan, menyampaikan evaluasi

Silakan Bapak dan Ibu Guru mengunduh RPP Agama Katolik secara lengkap yang admin menyediakan link di bawa ini. Semoga Perangkat ini dapat membantu kita untuk proses pembelajaran dan sekali gus meringankan beban bapak dan ibu guru dalam membuat perangkat pembelajaran yang nantinya akan di gunakan dalam proses pembelajaran di sekolah. Dan selamat untuk mengunduh RPP di bawah ini.

Unduh RPP 1 Halaman Agama Katolik

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang PowerPoint, materi pembelajaran, dan contoh soal seputar agama Katolik menggunakan kurikulum 2013 revisi terbaru. Semoga media dan perangkat pembelajaran yang admin bagikan kali ini dapat bermanfaat buat Bapak Ibu Guru dan juga peserta didik dalam mencari referensi seputar mata pelajaran agama Katolik. Kiranya Tuhan Yesus selalu menyertai Bapak Ibu dan keluarga di mana pun berada. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Unduh RPP 1 Halaman Agama Katolik Part 4 Revisi Terbaru