Kekatolikan- Pada kesemapatan kali ini admin akan membagikan contoh-contoh soal pembelajaran Agama Katolik. Semoga bermanfaat bagi Bapak dan Ibu Guru beserta anak didik yang ingin melihat contoh-contoh membuat soal-soal piliha ganda, Bapak dan Ibu Guru senantiasa memudahkan dalam tugas yang dianutnya, karena memiliki banyak referensi untuk mengurangi beban dalam membuat soal-soal atau tugas yang akan di kerjakan, seuai dengan pekerjaan sebagai guru pendidik. Dan semoga memiliki dampak positif yang baik bagi peserta didik yang telah diajarkannya dan pembelajaran mereka semakin meningkat karena ingin belajar.
Soal-soal Pilihan Ganda!!!
1. "Mintalah maka akan diberikan kepadamu, carilah maka kamu akan mendapat, ketoklah maka pintu akan dibukakan bagimu" kutipan teks tersebut diambil dari injil....
a. Mat 7:7
b. Mrk 7:7
c. Luk 7:7
d. Yoh 7:7
2. "Jadi jika kamu yang tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya." (Luk 11:13). Ha; ini ingin menegaskan bahwa dalam Gereja Katolik terdapat sifat-sifat doa yang benar. Sifat doa benar yang dimaksudkan adalah....
a. Berdoa dengan tekun
b. Berdoalah dengan kuasa dari Roh Kudus
c. Berdoa dengan tidak bertele-tele
d. Beroda dalam pribadi Tuhan Yesus
3. Komunikasih yang intim antara manusia dengan Allah, dimana manusia berdialong dengan Allah dalm keheningan merupakan pemahaman dari........
a. Berkata
b. Bersabda
c. Doa
d. Cinta
4. Dalam tradisi Gereja, Doa dibagi ke dalam dua bagian, yaitu.....
a. Doa Resmi dan Doa Tidak Resmi Gereja
b. Doa pribadi dan doa bersama
c. Doa pribadi dan doa bersama
d. Doa keluarga dan doa Gereja
5. Dalam berdoa kita perlu hening. Berikut ini yang bukan merupakan hal-hal tentang keheningan adalah....
a. Keheningan hati
b. Keheningan budi
c. Keheningan pikiran
d. Keheningan kamar
6. Perjalanan sejarah manusia menunjukkan bahwa kaum perempuan diperlakukan secara tidak adil. Mereka sering jadi korban sikap diskriminatif. Hal ini disebabkan adanya tata hubungan antar anggota masyarakat yang cenderung menggunakan sudut pandang....
a. Laki-laki
b. Lawan Jenis
c. Penguasa
d. Penindas
7. Kesamaan kondisi bagi laki-laki dan perempuan untuk memperoleh kesempatan serta hak-haknya sebagai manusia, agar mampu berperan dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan baik kegiatan baik kegiatan polik, hukum, ekonomi, sosial budaya, pendidikan dan pertahanan dan keamanan nasional (hankamnas), serta kesalamaan dalam menikmati hasil pembangunan tersebut merupakan pemahaman dari....
a. Gender
b. Kesetaraan Gender
c. Laki-laki
d. Perempuan
8. Hal-hal yang dapat menjadi penghambat terjadinya kesetaraan Gender antara lain, kecuali......
a. Pola pikir tradisional yang masih melekat
b. Masih rendahnya kualitas hidup kam perempuan
c. Sudah meratanya pemahaman kesetaraan gender
d. Adanya pemahaman bahwa perempuan tugasnya mengurus rumah
9. Usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk mengusahakan kesetaraan gender adalah, kecuali....
a. Penerimaan pribadi seseorang apa adanya
b. Memperlakukan orang lain berdasarkan kemapuan yang dimiliki
c. Memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada perempuan untuk berpikir
d. Memperlakukan orang dalam dunia kerja berdasarkan jenis kelamin
10. Sikap dan hidup Yesus yang menunjukan keberpihaknya kepada kaum perempuan antara lain....
a. Yesus menyapa, dan bergaul dengan perempuan-perempuan kafir yang belum dikenalnya seperti perempuan Samaria
b. Yesus membela perlakukan yang diskriminatif terhadap para penguasa
c. Yesus mengajak agar semua orang diperlakukan sebagai pribadi yang tidak berharga
d. Semua orang, perempuan dan laki-laki memiliki martabat yang tidak sama
11. Sebuah sikap yang lebih mementingkan dan memikirkan diri daripada sesamanya yang menderita merupakan sikap......
a. Hedonisme
b. Egois
c. Acuh
d. Semrono
12. Sikap yang lebih mementingkan kesenangan dan kenikamatan pribadi merupakan wujud dari sikap....
a. Hedonisme
b. Egois
c. Acuh
d. Sembrono
13. Andi adalah seorang anak dari keluarga yang berkecukupan. Seluruh kebutuhannya terpenuhi dan mewah bahkan sampai-sampai ia tidak tahu lagi uangnya hendak kemanakan. Dalam gelimangan harta tersebut di dekat rumahnya yang mewah hiduplah keluarga yang serba berkekurangan. Bahkan untuk memenuhi kebutahan sehari-hari saja sulit. Keadaan tersebut tidak pernah terpikirkan oleh Andi. Ia tetap berada dalam kesenangan dan kenikmatannya sendiri. Sikap Andi tersebut menunjukkan bahwa ia adalah seorang....
a. Hedonis
b. Egois
c. Acuh
d. Sembrono
14. Kepekaan dan kepedulian Yesus terhadap penderitaan sesama sedemikian besar, karena Ia selalu memandang dan mengasihi mereka semua, orang-orang yang menderita sebagai Anak-anak Allah yang bermartabat luhur. Selalu satu contoh kisah kepedulian Yesus terhadap mereka yang menderita adalah Yesus menghidupkan Lazaurus. Kisah tersebut terdapat dalam injil....
a. Yoh 11: 1-41
b. Matius 9:1-8
c. Luk 13:10-17
d. Mrk 9:14-29
15. Kebebasan dapat dimengerti dari dua segi yakni....
a. Bebas dari dan egois
b. Bebas dan taat
c. Bebas untuk dan bebas terikat
d. Bebas dari dan bebas untuk
16. Tuhan Yesus memaklumkan bahwa Allah itu pembebas. Allah ingin agar manusia mengembangkan diri secara penuh, dengan demikian segala hukum, peraturan dan perintah harus diabadikan pada tujuan pemerdekaan manusia. Sebagai murid-murid Yesus, kita adalah orang-orang yang telah dibebaskan berkat....
a. Aturan dan ketaatan hukum
b. Hukum Taurat Musa
c. Sengsara, wafat, dan kebangkitan-Nya
d. Pewartaan para nabi
17. Melalui Gereja kita telah diangkat menjadi anak-anak Allah yang merdeka, bebas dari dosa dan melancarkan hubunga manusia dengan Allah, terhindar dari kematian kekal dan dengan bebas pula melayani Tuhan dan sesama. Salah satu sakramen yang dapat mengangkat kita menjadi Anak-anak Allah yang merdeka adalah...
a. Sakramen Baptis
b. Sakramen tobat
c. Sakramen Ekaristi
d. Sakramen Krisma
18. Dalam keluarga kita dapat belajar beraneka ragam hal seperti, kecuali....
a. Mengasihi
b. Melayani
c. Mengembangkan diri
d. Menyombongkan diri
a. Yesus menyapa, dan bergaul dengan perempuan-perempuan kafir yang belum dikenalnya seperti perempuan Samaria
b. Yesus membela perlakukan yang diskriminatif terhadap para penguasa
c. Yesus mengajak agar semua orang diperlakukan sebagai pribadi yang tidak berharga
d. Semua orang, perempuan dan laki-laki memiliki martabat yang tidak sama
11. Sebuah sikap yang lebih mementingkan dan memikirkan diri daripada sesamanya yang menderita merupakan sikap......
a. Hedonisme
b. Egois
c. Acuh
d. Semrono
12. Sikap yang lebih mementingkan kesenangan dan kenikamatan pribadi merupakan wujud dari sikap....
a. Hedonisme
b. Egois
c. Acuh
d. Sembrono
13. Andi adalah seorang anak dari keluarga yang berkecukupan. Seluruh kebutuhannya terpenuhi dan mewah bahkan sampai-sampai ia tidak tahu lagi uangnya hendak kemanakan. Dalam gelimangan harta tersebut di dekat rumahnya yang mewah hiduplah keluarga yang serba berkekurangan. Bahkan untuk memenuhi kebutahan sehari-hari saja sulit. Keadaan tersebut tidak pernah terpikirkan oleh Andi. Ia tetap berada dalam kesenangan dan kenikmatannya sendiri. Sikap Andi tersebut menunjukkan bahwa ia adalah seorang....
a. Hedonis
b. Egois
c. Acuh
d. Sembrono
14. Kepekaan dan kepedulian Yesus terhadap penderitaan sesama sedemikian besar, karena Ia selalu memandang dan mengasihi mereka semua, orang-orang yang menderita sebagai Anak-anak Allah yang bermartabat luhur. Selalu satu contoh kisah kepedulian Yesus terhadap mereka yang menderita adalah Yesus menghidupkan Lazaurus. Kisah tersebut terdapat dalam injil....
a. Yoh 11: 1-41
b. Matius 9:1-8
c. Luk 13:10-17
d. Mrk 9:14-29
15. Kebebasan dapat dimengerti dari dua segi yakni....
a. Bebas dari dan egois
b. Bebas dan taat
c. Bebas untuk dan bebas terikat
d. Bebas dari dan bebas untuk
16. Tuhan Yesus memaklumkan bahwa Allah itu pembebas. Allah ingin agar manusia mengembangkan diri secara penuh, dengan demikian segala hukum, peraturan dan perintah harus diabadikan pada tujuan pemerdekaan manusia. Sebagai murid-murid Yesus, kita adalah orang-orang yang telah dibebaskan berkat....
a. Aturan dan ketaatan hukum
b. Hukum Taurat Musa
c. Sengsara, wafat, dan kebangkitan-Nya
d. Pewartaan para nabi
17. Melalui Gereja kita telah diangkat menjadi anak-anak Allah yang merdeka, bebas dari dosa dan melancarkan hubunga manusia dengan Allah, terhindar dari kematian kekal dan dengan bebas pula melayani Tuhan dan sesama. Salah satu sakramen yang dapat mengangkat kita menjadi Anak-anak Allah yang merdeka adalah...
a. Sakramen Baptis
b. Sakramen tobat
c. Sakramen Ekaristi
d. Sakramen Krisma
18. Dalam keluarga kita dapat belajar beraneka ragam hal seperti, kecuali....
a. Mengasihi
b. Melayani
c. Mengembangkan diri
d. Menyombongkan diri
19. Perintah 4 dalam 10 perintah Allah berbunyi...
a. Kuduskanlah hari Tuhan
b. Hormatilah ibu bapakmu
c. Jangan membunuh
d. Jangan mencuri
20. "....Hormatilah ayahmu dan ibumu, suapaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan Tuhan kepadaMu...."kutiplah teks tersebut dapat kita baca dalam kitab.....
a. Kel 20:12
b. Kel 21:12
c. Kel 22:12
d. Kel 23:12
21. Harta yang paling beharga adalah keluarga. Instana yang paling indah adalah keluarga. Puisi yang paling bermakna adalah keluarga. Mutiara tiada tara adalah keluarga. Penggalan Bait diatas berjudul.....
a. Harta yang paling berharga
b. Keluarga cerama
c. Keluarga neraka
d. Keluarga surga
22. Sekolah menjadi tempat pendidikan yang memberikan pengajaran agar peserta didik dapat berkembang baik dari segi intelektual maupun kepribadian. Karena itu sekolah merupakan pendidikan yang bentuknya......
a. Informal
b. Mengajar
c. Formal
d. Tidak mendidik
23. Tiga hal besar yang menjadi tujuan pendidikan sekolah adalah, kecuali......
a. Pengajaran
b. Pendidikan
c. Pembentukan karakter
d. Salah semua
24. Generasi mudah perlu untuk membekali diri dengan berbagai kemampuan dan keterampilan misalnya....
a. Memiliki sikap yang mandiri, dan tergantung pada orang lain
b. Berelasi, berdialog, dan terbuka terhadap orang lain
c. Tidak memiliki inisiatif dan kurang berani mengambil prakarsa
d. Kurang berfikir kritis untuk menentukan pilihan yang baik dan yang kurang baik
25. Dalam Gereja Katolik dikenal dengan lima tugas gereja yakni, kecuali....
a. Pengudusan dan pewartaan
b. Pewartaan dan persekutuan
c. Kesaksian dan pelayanan
d. Organisasi dan hirarki
26. Setiap manusia itu unik, tak ada satu orang pun yang mempunyai kesamaan dengan orang lain. Bahkan manusia kembar sekalipun selalu mempunyai perbedaan. Keunikan itu dapat diamati dari hal-hal, kecuali....
a. Fisik
b. Psikis
c. Bakat/kemampuan
d. Pakaian
27. Kisah menciptakan manusia sebagai citra Allah dapat kita baca dalam kitab...
a. Kejadian
b. Keluaran
c. Imamat
d. Ulangan
28. "....Berfirmanlah Allah: "Baikalh Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang meleta yang merayap di bumi..." Kutipan teks tersebut terdapat dalam kitab....
a. Kejadian 1:26
b. Keluaran 1:26
c. Kejadian 1: 28
d. Kejadian 1:27
29. Pernyataaan berikut ini yang menegaskan bahwa Yesus sungguh-sungguh bangkit adalah....
a. Yesus bersatu dengan Bapa dalam kemuliaan-Nya
b. Yesus mengutus Roh Kudus
c. Yesus menampakan diri dan merayakan Ekaristi berama para murid-Nya
d. Yesus tidak diakui malaikat bahwa ia hidup
30. Berikut ini yang bukan merupakan bukti bahwa Yeus sungguh-sungguh bangkit adalah.....
a. Yesus bersatu dengan Bapa dalam kemuliaan-Nya
b. Yesus mengutus Roh Kudus
c. Yesus menampakan diri dan merayakan Ekaristi
d. Yesus tidak diakui oleh malaikat bahwa Ia hidup
31. Contoh-contoh tindakan yang tidak mewujudkan semangat kebangkitan adalah.....
a. Jujur
b. Rajin ke Gereja
c. Terbuka
d. Malas berdoa
32. Yesus Kristus merupakan pribadi yang ke....Dari Allah Tri Tunggal Maha Kudus.....
a. Pertama
b. Kedua
c. Ketiga
d. Keempat
33. Suatu situasi dan kondisi yang kurang menguntungkan dan membuat manusia berbeda dalam keadaan sengsara, kurang selamat merupakan pemahaman dari.....
a. Keselamatan
b. Kesedihan
c. Penderitaan
d. Keuntungan
34. Kerajaan Allah yang diwartakan Yesus adalah Kerajaan yang memihak dan membela orang-orang miskin, menderita dan disingkirkan. Seluruh hidup Yesus adalah perwujudan kasih Allah kepada manusia. Karena itu Meneladan Yesus sesunggunya meneladan dua aspek yakni....
a. Ketaatan dan solidaritas
b. Ketaatan dan kemiskinan
c. Solidaritas dan kemiskinan
d. Penderitaan dan kemiskinan
35. Manusia mengalami berbagai macam peristiwa dalam kehidupan. Ia seringkali mengalami dikucilkan oleh masayarakat, dijauhkan, dilecehkan, gilam tress, keterbelakangan mental dan lain sebagainya. Hal-hal seperti yang disebutkan tersebut merupakan penderitaan manusia dalam hal....
a. Fisik dan Rohani spritual
b. Fisik dan psikologis
c. Sosial dan psikologis
d. Sosial dan ekonomi
36. Peristiwa kebagkitan merupakan reaksi atau jawaban Allah terhadap apa yang dilakukan oleh Yesus selama hidupnya. Karena itu kebangkitan menjadi tanda bahwa......
a. Yesus sungguh-sungguh Allah
b. Yesus sungguh-sungguh manusia
c. Yesus bukanlah Allah dan bukanlah manusia
d. Allah membenarkan Sabda, karya dan perjuangan Yesus
37. Kebagkitan Yesus menjadi sumber dan titik tolak iman kita kepada Yesus. Karena itu yang bukan merupakan contoh sikap kita yang dijiwai semangat kebangkitan adalah...
a. Jujur
b. Terbuka
c. Memaafkan
d. Arogan
38. Untuk tegaknya kerajaan Allah tidak harus dengan cara menghabisi yang jahat, melainkan memberi kesempatan mereka untuk bertobat, sebab Allah sendiri yang akan menghakimi mereka, bukan manusia. Tegaknya Kerajaan Allah justru terjadi bila yang baik dan yang jahat bisa hidup bersama dan dengan penuh kesabaran. Pernyataan ini ingin mengatakan bahwa...
a. Kerajaan Allah terbuka bagi semua orang
b. Kerajaan Allah adalah sebuah Proses
c. Kerajaan Allah itu berharga melebihi apa yang kita miliki
d. Kerajaan Allah tidak membedakan satu sama lainnya
39. Salah satu tokoh (nabi) yang diselamatkan Allah dalam peristiwa air bah (pemusnahan manusia) adalah....
a. Nabi
b. Nabi Musa
c. Nabi Elia
d. Sengsara kebangkitan Yesus
40. Sebuah peristiwa yang dapat menumbuhkan kembali iman paea murid Yesus setelah kebangkitannya adalah.....
a. Kematian
b. Kebangkitan
c. Penampakan
d. Sengsara dan kebangkitan Yesus