Kekatolikan- Pada kesempatan ini kami dari admin memberikan referensi tentang RPP, dan RPP adalah suatu perangkat untuk membantu, mempermudah, memperlancar dan meningkatkan hasil proses belajar mengajar dan menyusun rencana pembelajaran secara profesional, sistematis dan berdaya guna dalam proses pembelajaran, sehingga guru mampu melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi program kerja dalam pelaksanaan pembelajaran.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Nama Sekolah : SMP....,,
Mata Pembelajaran : Pendidikan Agama Katolik
Kelas/Semester : VII/ Genap
Alokasi Waktu : 1x pertemuan (3x40 menit)
Tanggal Pelaksanaan :.........
A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan ligkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam rana konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, mebaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
3.6 Memahami makna Gereja sebagai paguyuban untuk beriman
4.6 Melakukan aktivitas (misalnya membuat refleksi/menyusun doa/puisi/melakukan wawancara) berkaitan dengan makna Gereja sebagai paguyuban umat beriman.
C. Indikator
1. Menjelaskan unsur-unsur anggota Gereja
2. Menjelaskan peran dan tugas masing-masing anggota gereja
3. Menyebutkan ciri kehidupan jemaat perdana
D. Tujuan
1. Melalui kegiatan bernyanyi dan mendengarkan cerita kehidupan, peserta didik dapat memahami ciri dari perkumpulan yang disebut sebagai persekutuan/paguyuban.
2. Melalui kegiatan membaca dan mendalami Kitab Suci, peserta didik dapat memahami Gereja sebagai sebuah persekutuan/ paguyuban umat Allah.
E. Materi Pembelajaran
Gereja Sebagai Paguyuban
F. Media, Sumber Pembelajaran
1. Media:
- Laptop
- LCD
2. Sumber Pembelajaran
1. Kitab Suci
2. Kementian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas VIII. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
3. Pengalaman Siswa
G. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1. Membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, dan berdoa bersama sebelum pembelajaran dilaksanakan (nilai-nilai religius).
2. Mengecek kehadiran peserta didik
3. Memberikan apersepsi/motifasi
4. Menyampaikan tujuan pembelajaran.
b. Kegiatan Inti (95 menit)
- Peserta didik menyanyikan lagu Bereja Bagi Bahtera dari Puji Syukur. 612
- Setelah bernyanyi Peserta didik membandigkan isi lagu dengan cerita tentang persekutuan dalam lingkungan.
- Peserta didik dapat menyampaikan beberapa pertanyaan berkaitan dengan makna lagu tersebut
- Peserta didik menjawab pertanyaan dengan mendiskusikan dalam kelompok pertanyaan yang telah dibuat untuk mendalami makna dari lagu dan cerita tersebut
- Selain berdiskusi peserta didik dapat menemukan jawaban atas pertanyaan itu dengan study pustaka ( membaca buku teks atau browsing di internet)
- Bersama dalam kelompok membaca Kitab Suci untuk memahami gereja sebagai persekutuan
- Setelah membaca Kitab Suci, setiap kelompok mendalami teks Kitab Suci dengan mendiskusikan beberapa pertanyaan yang terdapat dalam buku teks.
- Peserta didik membuat rumusan kesimpulan akhir kelompok!
- Peserta didik mempersiapkan laporan hasil kesimpulan kelompok
- Peserta didik mempersentasikan laporan hasil diskusi kelompok didepan kelompok lain
- Kelompok lain menaggapi hasil presentasi
c. Penutup
- Guru mengajak para peserta didik untuk duduk, hening dan memejamkan mata, sambil menyampaikan refleksi
- Sebagai penutup proses pembelajaran, guru mengajak peserta didik untuk berdoa bersama.
H. Penilaian
a. Teknik:
- Observasi
- Penilaian diri
- Tes tertulis
-Tertulis
Nilai:
- 4= Selalu
- 3= Sering
- 2= Kadang-kadang
- 1= Tidak pernah
1. Sikap Spritual
Instrumen Penilaian
1. Bersyukur atas adanya berbagai kegiatan di gereja
2. Menyatakan rasa syukur dengan mengikuti kegiatan yang ada di gereja
3. Mengajak teman yang lain untuk mengkuti kegiatan yang ada di Gereja
2. Sikap Sosial
1. Tehnik : Observasi
2. Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
Instrumen Penilaian
1. Tanggapan
2. Disiplin
3. Tanggung jawab
4. Kreatifitas
5. Integritas
6. Hospitality
7. Kasih sayang
8. Rasa Hormat
9. Keadilan
3. Penilaian Pengetahuan
Instrumen
1. Jelaskan unsur anggota Gereja
2. Jelaskan peran dan tugas masing-masing anggota gereja
3. Bagaimana ciri kehidupan jemaat perdana
Kunci Jawaban
1. a) Kaum Klerus/Thabisan, 2) Kaum Hidup Bakti/ biarawan-birawati yang terdiri dari tarekat religius dan tarekat sekular, c) Kaum Awam
2. a) Kaum Klerus/Thabisan Tugas utama mereka adalah pelayanan rohani dan menguduskan Gereja melalui perayaan-perayaan sakramen, b) Kaum Hidup Bakti/ biarawan-birawati Mereka membaktikan diri untuk mewartakan kabar gembira dalam pelayanan pendidikan, medis, rumah-rumah retret, dan lain-lain, c) Kaum Awam, yang mengemban tugas dalam Gereja dan dunia sesuai kehendak Allah yakni mengelola tata dunia dengan nilai Kristiani. Di antara kaum awam ada yang menikah dan ada yang tidak menikah (selibat)
3. Mereka selalu hidup dalam persekutuan dengan bertekun dalam pengajaran paras rasul, selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa bersama, segala kepunyaan mereka adalah milik bersama, satu sama lain saling melayani dan berkurban, selalu hidup dengan gembira dan tulus hati, mereka juga saling mengenal, memiliki ikatan batin, memiliki iman yang sama yaitu kepada Yesus Kristus dan menjalankan cara hidup yang sesuai dengan kehendak Kristus
4. Keterampilan
a. Tehnik : Proyek
Bentuk Instrumen : Buatlah rancangan kegiatan dalam lingkungan dan laksanakan kegiatan tersebut bersama dengan teman kelompokmu
a. Persiapan: Melakukan persiapan dalam bentuk pertemuan-pertemuan, membuat rencangan kegiatan
b. Pelaksanaan: Membuat agenda kegiatan, Membuat catatan temuan
c. Pelaporan: Membuat laporan kegiatan, Menyampaikan evaluasi, Score total
Bapak dan Ibu Guru terkasih, silakan mengunduh Perangkat Pembelajaran RPP Agama Katolik ini di link yang telah di sediakan admin di bawa ini. Semoga bermanfaat bagi Bapak dan Ibu Guru dalam perangkat pembelajaran yang di sediakan admin. Sehingga dalam proses pembelajaran akan dimudahkan karena RPP sudah di siapkan dengan semakmungkin. Sekian dari admin kami mengucapkan terima kasih.
- Setelah membaca Kitab Suci, setiap kelompok mendalami teks Kitab Suci dengan mendiskusikan beberapa pertanyaan yang terdapat dalam buku teks.
- Peserta didik membuat rumusan kesimpulan akhir kelompok!
- Peserta didik mempersiapkan laporan hasil kesimpulan kelompok
- Peserta didik mempersentasikan laporan hasil diskusi kelompok didepan kelompok lain
- Kelompok lain menaggapi hasil presentasi
c. Penutup
- Guru mengajak para peserta didik untuk duduk, hening dan memejamkan mata, sambil menyampaikan refleksi
- Sebagai penutup proses pembelajaran, guru mengajak peserta didik untuk berdoa bersama.
H. Penilaian
a. Teknik:
- Observasi
- Penilaian diri
- Tes tertulis
-Tertulis
Nilai:
- 4= Selalu
- 3= Sering
- 2= Kadang-kadang
- 1= Tidak pernah
1. Sikap Spritual
Instrumen Penilaian
1. Bersyukur atas adanya berbagai kegiatan di gereja
2. Menyatakan rasa syukur dengan mengikuti kegiatan yang ada di gereja
3. Mengajak teman yang lain untuk mengkuti kegiatan yang ada di Gereja
2. Sikap Sosial
1. Tehnik : Observasi
2. Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
Instrumen Penilaian
1. Tanggapan
2. Disiplin
3. Tanggung jawab
4. Kreatifitas
5. Integritas
6. Hospitality
7. Kasih sayang
8. Rasa Hormat
9. Keadilan
3. Penilaian Pengetahuan
Instrumen
1. Jelaskan unsur anggota Gereja
2. Jelaskan peran dan tugas masing-masing anggota gereja
3. Bagaimana ciri kehidupan jemaat perdana
Kunci Jawaban
1. a) Kaum Klerus/Thabisan, 2) Kaum Hidup Bakti/ biarawan-birawati yang terdiri dari tarekat religius dan tarekat sekular, c) Kaum Awam
2. a) Kaum Klerus/Thabisan Tugas utama mereka adalah pelayanan rohani dan menguduskan Gereja melalui perayaan-perayaan sakramen, b) Kaum Hidup Bakti/ biarawan-birawati Mereka membaktikan diri untuk mewartakan kabar gembira dalam pelayanan pendidikan, medis, rumah-rumah retret, dan lain-lain, c) Kaum Awam, yang mengemban tugas dalam Gereja dan dunia sesuai kehendak Allah yakni mengelola tata dunia dengan nilai Kristiani. Di antara kaum awam ada yang menikah dan ada yang tidak menikah (selibat)
3. Mereka selalu hidup dalam persekutuan dengan bertekun dalam pengajaran paras rasul, selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa bersama, segala kepunyaan mereka adalah milik bersama, satu sama lain saling melayani dan berkurban, selalu hidup dengan gembira dan tulus hati, mereka juga saling mengenal, memiliki ikatan batin, memiliki iman yang sama yaitu kepada Yesus Kristus dan menjalankan cara hidup yang sesuai dengan kehendak Kristus
4. Keterampilan
a. Tehnik : Proyek
Bentuk Instrumen : Buatlah rancangan kegiatan dalam lingkungan dan laksanakan kegiatan tersebut bersama dengan teman kelompokmu
a. Persiapan: Melakukan persiapan dalam bentuk pertemuan-pertemuan, membuat rencangan kegiatan
b. Pelaksanaan: Membuat agenda kegiatan, Membuat catatan temuan
c. Pelaporan: Membuat laporan kegiatan, Menyampaikan evaluasi, Score total
Bapak dan Ibu Guru terkasih, silakan mengunduh Perangkat Pembelajaran RPP Agama Katolik ini di link yang telah di sediakan admin di bawa ini. Semoga bermanfaat bagi Bapak dan Ibu Guru dalam perangkat pembelajaran yang di sediakan admin. Sehingga dalam proses pembelajaran akan dimudahkan karena RPP sudah di siapkan dengan semakmungkin. Sekian dari admin kami mengucapkan terima kasih.
Unduh RPP 1 Lembar Agama Katolik