Kekatolikan- Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan suatu perangkat pembelajaran agama Katolik untuk kelas 3 SD. Pada kesempatan ini juga kita dapat menemukan referensi cara membuat perangkat pembelajaran di sekolah. Dan sangat membantu bagi Bapak dan Ibu guru dalam bembuat perangkat tersebut.
RENCANA PELAKSANAAN PELAJARAN
Satuan Pendidikan :................
Kelas/Semester : 111 (TIGA) GANJIL
Materi Pokok : KISAH YUSUF
Kopetensi Dasar :
3.3 Memahami karya keselamatan Allah yang dialami oleh tokoh-tokoh Perjanjian Lama.
4.3 Melakukan aktivitas (misalnya menceritakan kembali, membuat puisi, dan bermain peran) tentang tindakan baik tokoh-tokoh Perjanjian Lama
Pertemuan ke : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 2x25 menit
* TUJUAN PEMBELAJARAN
+Setelah proses pembelajaran ini, peserta didik mampu:
1. Menceritakan suka duka kehidupan Yusuf dan berbagi pengorbanan serta perbuatan baik yang telah dilakukannya
2. Menyebutkan karya keselamatan Allah dalam kisah hidup Yusuf
* KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pembuka:
1. Kelas daring dimulai dengan berdoa bersama dan dipimpin oleh salah satu peserta didik
2. Guru menyapa peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik lewat aplikasi zoom
3. Guru menyampaikan nilai-nilai yang terkandung dalam materi hari ini tentang "Yusuf"
4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti:
1. Guru mengajak peserta didik mengamati gambar tentang membeli es krim untuk adik, kemudian peserta didik membuat satu cerita pendek sesuai dengan gambar di atas. (buku siswa hal. 52)
2. Peserta didik mendengarkan peneguhan dari guru
3. Guru mengajak peserta didik mendengarkan "Kisah Yusuf yang tidak diperlukan secara tidak adil" (Kejadian 37:12-36) dan cerita tentang "Yusuf menjadi penguasa di Mesir (Kejadian 39-45)
4. Setelah itu mengajak peserta didik mendengarkan peneguhan dari guru
5. Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan refleksi kepada peserta didik
Penutup:
1. Guru memberikan kesimpulan tentang materi pembelajaran dengan membuat rangkuman
2. Guru mengajak peserta didik untuk menutup kegiatan pembelajaran dengan doa penutup dari salah satu peserta didik
* PENILAIN
1. Sritual: Tanggung jawab
2. Sosial: Berani bertanggung jawab terhadap perbuatan
3. Peneguhan: Menyebutkan mengapa Yusuf dipenjara
4. Keterampilan: Melakukan perbuatan-perbuatan yang menunjukkan kerelaan untuk berkorban demi kepentingan bersama
Download Perangkat Pembelajaran (RPP) 1 Lembar