Kekatolikan- Pada Kesempatan ini admin memberikan suatu perangkat yang bisa membantu bapak dan ibu guru di sekolah, ketika mau mengajar di kelas, ini adalah khusus perangkat pembelajaran Agama Katolik. RPP merupakan persiapan yang harus dilakukan guru sebelum mengajar.
Persiapan disini dapat dirtikan persiapan tertulis maupun persiapan
mental, situasi emosional yang ingin dibangun, lingkungan belajar yang
yang produktif, termasuk meyakinkan pembelajar untuk mau terlibat secara
penuh.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan silabus mempunyai perbedaan, meskipun dalam hal tertentu mempunyai perbedaan. meskipun dalam hal tertentu mempunyai persamaan. Silabus memuat hal-hal yang perlu dilakukan siswa untuk menuntaskan suatu kompetensi yang sejalan akan disatukan hingga perkiraan waktunya belum tahu pasti beberapa pertemuan yang akan dilakukan.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP...........
Mata Pembelajaran : Pendidikan Agama Katolik
Kelas/Semester : V111/Genap
Alokasi Waktu : 1x pertemuan (3x40 menit
Pelaksanaan : ................
A. Kompetensi Inti
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (teleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanya
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4: Meencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan memuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar
3.8 Memahami bahwa Gereja adalah tanda dan sarana keselamatan bagi semua orang
4.8 Melakukan aktivitas untuk mewujudkan Gereja sebagai tanda dan sarana keselamatan bagi semua orang.
C. Indikator
1. Menciptakan simbol-simbol tentang keselamatan
2. Menjelaskan bahwa Gereja sebagai sanrana keselamatan
3. Menjelaskan sakramen sebagai sanara komunikasi
D. Tujuan
1. Melalui kegiatan refleksi, pengamatan dan tanya jawab, Pesrta didik dapat memahami tanda dan sarana keselamatan yang pernah dialami
2. Melalui kegiatan membaca dan mendalami Kitab Suci serta wawancara, peserta didik dapat memahami ajaran tentang keselamatan berdasar Kitab Suci
E. Materi Pembelajaran
Gereja Sebagai Tanda dan Sarana Keselamatan Dalam hidup Manusia
F. Media, Sumber, Metode Pembelajaran
1. Media:
-Laptop
-LCD
2. Sumber Pelajaran
1. Kitab Suci
2. Belajar mengikuti Yesus Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas VIII. Konsili Kateketik KWI, Yogyakarta: Kanisius
3. Pengalaman Siswa
4. Internet Sumber. http://prezi.com
3. Metode Pembelajaran
Pengamatan, tanya jawab, diskusi, studi pustaka
G. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru membangun suasana belajar yang kodusif
2. Mengajak peserta didik mengawali pelajaran dengan Doa
3. Guru menyampaikan kompetensi yang akan di pelajari, kegiatan yang akan dilaksanakan dan penilaian yang akan dilakukan
b. Kegiatan Inti
1. Guru mengajak peserta didik mengamati gambar-gambar yang ada pada buku siswa dan mencari makna dari gambar tersebut
2. Peserta didik diminta untuk membaca cerita upacara Tedehtak Siten
3. Peserta didik diminta untuk meruumuskan beberapa pertanyaan sehubungan dengan cerita yang sudah dibaca
4. Pertanyaan yang diungkapkan peserta didik dipergunakan sebagai kegiatan tanya jawab bersama antara guru dengan peserta didik
5. Guru dapat memberikan beberapa peneguhan
6. Peserta didik diminta untuk membaca dokumen Gereja LG Art. 1 dan 9
7. Peserta didik diminta untuk mendiskusikan beberapa pertanyaan sehubungan dengan artikel tersebut
8. Peserta didik membuat kesimpulan atas hasil diskusi kelompok
9. Peserta didik menuliskan kesimpulan hasil diskusi pada kertas flap
10. Menempelkan kertas flap yang berisi hasil diskusi pada papan tempel atau tempat yang telah ditentukan oleh guru
11. Secara bergantian setiap kelompok mengunjungi hasil diskusi kelompok lain, dan memberikan komentar/tanggapan pada hasil diskusi kelompok lian dengan menuliskanya dibagian bawah kertas flap kelompok tersebut
12. Guru dapat memberikan peneguhan
c. Penutup
1. Guru mengajak para peserta didik untuk duduk, hening dan memejamkan mata, sambil menyampaikan refleksi
2. Sebagai penutup proses pembelajaran, guru mengajak peserta didik untuk berdoa bersama
H. Penilaian
Teknik
1. Observasi
2. Penilaian diri
3. Tes tertulis
4. Tertulis
Nilai
1. 4 =selalu
2. 3 =sering
3. 3=kadang-kadang
4. 1=tidak pernah
1. Sikap Spiritual
Instrumen Penilaian
1. Bersyukur atas kehadiran gereja di dunia ini
2. Mensyukuri kehadiran Gereja dengan berdoa
3. Mewujudkan rasa syukur dengan mengikuti kegiatan liturgi di Gereja
2. Sikap Sosial
a. Tehnik : Obsevasi
b. Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
Insturmen Penilaian
1. Tanggapan
2. Disiplin
3. Tanggung jawab
4. Kreatifitas
5. Integritas
6. Hospitality
7. Kasih sayang
8. Rasa Hormat
9. Keadilan
3. Penilaian Pengetahuan
1. Jelaskan simbol-simbol tentang keselamatan
2. Jelaskan bahwa Gereja sebagai sarana keselamatan
3. Jelaskansakramen sebagai komunikasi dengan Tuhan untuk mendapatkan keselamatan
Kunci Jawaban
1. Tuhan tidak serta merta secara fisik dalam menyelamatkan manusia sekarang ini. Allah menyelamatkan manusia melalui sanrana-sarana yang ada dinia ini, dengan simbol atau lambang-lambang
2. Gereja berperan untuk membawa umat semakin berkenan kepada Yesus dan tetap setia kepada Yesus. Yesus yang telah wafat dan bangkit, tidak lagi hadir secara langsung kepada setiap orang. Wajah dan kehadiran Yesus nampak dalam wajah dan kehadiran Gereja di tengah masyarakat. Gereja menjadi sarana bagi umat untuk menjalin komunikasi yang semakin dekat dan erat dengan Allah
3. Gereja adalah merupakan sakramen, yaitu tanda dan sarana persatuan mesra dengan Allah dan kestuan seluruh umat manusia. Tanda yang menyelamatkan umat manusia Gereja menyalurkan rahmat keselamatan melaui 7 (tujuh) sakramen yaitu sakramen Baptis, Krisma, Ekaristi, Tobat,, Thabisan, Perkainan, dan Sakramen Pengurapan Orang Sakit.
4. Keterampilan
1. Tehnik : Proyek
2. Bentuk Instrumen : Buatlah sebuah laporan yang ,menggambarkan tentang aneka kegiatan yang kalian lakukan dalam mengikuti kegiatan rohani di Gereja dengan mendasarkan pada jurnal kegiatan rohani
Indikator Penilaian
1. Isi sesuai dengan tema
2. memiliki bukti fisik yang menunjukkan kebenaran dalam megikuti kegiatan tersebut.
3. Bahasa jelas, mudah dipahami, kata-kata yang digunakan tepat.
Silahkan Bapak Ibu Guru mendownload RPP Pendidikan Agama Katolik dibawa ini, karena perangkat pembelajaran ini bisa membantu Bapak dan Ibu Guru untuk memudahkan pembelajaran karena perangkat ini sudah tersusun dalam kegaiatan-kegiatanya yang kita akan ajarkan di dalam kelas. Perangkat ini juga bisa mengurangi beban atau susah mencari perangkat pembelajaran, silahkan untuk mendownload Rpp ini. Terima Kasih
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4: Meencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan memuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar
3.8 Memahami bahwa Gereja adalah tanda dan sarana keselamatan bagi semua orang
4.8 Melakukan aktivitas untuk mewujudkan Gereja sebagai tanda dan sarana keselamatan bagi semua orang.
C. Indikator
1. Menciptakan simbol-simbol tentang keselamatan
2. Menjelaskan bahwa Gereja sebagai sanrana keselamatan
3. Menjelaskan sakramen sebagai sanara komunikasi
D. Tujuan
1. Melalui kegiatan refleksi, pengamatan dan tanya jawab, Pesrta didik dapat memahami tanda dan sarana keselamatan yang pernah dialami
2. Melalui kegiatan membaca dan mendalami Kitab Suci serta wawancara, peserta didik dapat memahami ajaran tentang keselamatan berdasar Kitab Suci
E. Materi Pembelajaran
Gereja Sebagai Tanda dan Sarana Keselamatan Dalam hidup Manusia
F. Media, Sumber, Metode Pembelajaran
1. Media:
-Laptop
-LCD
2. Sumber Pelajaran
1. Kitab Suci
2. Belajar mengikuti Yesus Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas VIII. Konsili Kateketik KWI, Yogyakarta: Kanisius
3. Pengalaman Siswa
4. Internet Sumber. http://prezi.com
3. Metode Pembelajaran
Pengamatan, tanya jawab, diskusi, studi pustaka
G. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru membangun suasana belajar yang kodusif
2. Mengajak peserta didik mengawali pelajaran dengan Doa
3. Guru menyampaikan kompetensi yang akan di pelajari, kegiatan yang akan dilaksanakan dan penilaian yang akan dilakukan
b. Kegiatan Inti
1. Guru mengajak peserta didik mengamati gambar-gambar yang ada pada buku siswa dan mencari makna dari gambar tersebut
2. Peserta didik diminta untuk membaca cerita upacara Tedehtak Siten
3. Peserta didik diminta untuk meruumuskan beberapa pertanyaan sehubungan dengan cerita yang sudah dibaca
4. Pertanyaan yang diungkapkan peserta didik dipergunakan sebagai kegiatan tanya jawab bersama antara guru dengan peserta didik
5. Guru dapat memberikan beberapa peneguhan
6. Peserta didik diminta untuk membaca dokumen Gereja LG Art. 1 dan 9
7. Peserta didik diminta untuk mendiskusikan beberapa pertanyaan sehubungan dengan artikel tersebut
8. Peserta didik membuat kesimpulan atas hasil diskusi kelompok
9. Peserta didik menuliskan kesimpulan hasil diskusi pada kertas flap
10. Menempelkan kertas flap yang berisi hasil diskusi pada papan tempel atau tempat yang telah ditentukan oleh guru
11. Secara bergantian setiap kelompok mengunjungi hasil diskusi kelompok lain, dan memberikan komentar/tanggapan pada hasil diskusi kelompok lian dengan menuliskanya dibagian bawah kertas flap kelompok tersebut
12. Guru dapat memberikan peneguhan
c. Penutup
1. Guru mengajak para peserta didik untuk duduk, hening dan memejamkan mata, sambil menyampaikan refleksi
2. Sebagai penutup proses pembelajaran, guru mengajak peserta didik untuk berdoa bersama
H. Penilaian
Teknik
1. Observasi
2. Penilaian diri
3. Tes tertulis
4. Tertulis
Nilai
1. 4 =selalu
2. 3 =sering
3. 3=kadang-kadang
4. 1=tidak pernah
1. Sikap Spiritual
Instrumen Penilaian
1. Bersyukur atas kehadiran gereja di dunia ini
2. Mensyukuri kehadiran Gereja dengan berdoa
3. Mewujudkan rasa syukur dengan mengikuti kegiatan liturgi di Gereja
2. Sikap Sosial
a. Tehnik : Obsevasi
b. Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
Insturmen Penilaian
1. Tanggapan
2. Disiplin
3. Tanggung jawab
4. Kreatifitas
5. Integritas
6. Hospitality
7. Kasih sayang
8. Rasa Hormat
9. Keadilan
3. Penilaian Pengetahuan
1. Jelaskan simbol-simbol tentang keselamatan
2. Jelaskan bahwa Gereja sebagai sarana keselamatan
3. Jelaskansakramen sebagai komunikasi dengan Tuhan untuk mendapatkan keselamatan
Kunci Jawaban
1. Tuhan tidak serta merta secara fisik dalam menyelamatkan manusia sekarang ini. Allah menyelamatkan manusia melalui sanrana-sarana yang ada dinia ini, dengan simbol atau lambang-lambang
2. Gereja berperan untuk membawa umat semakin berkenan kepada Yesus dan tetap setia kepada Yesus. Yesus yang telah wafat dan bangkit, tidak lagi hadir secara langsung kepada setiap orang. Wajah dan kehadiran Yesus nampak dalam wajah dan kehadiran Gereja di tengah masyarakat. Gereja menjadi sarana bagi umat untuk menjalin komunikasi yang semakin dekat dan erat dengan Allah
3. Gereja adalah merupakan sakramen, yaitu tanda dan sarana persatuan mesra dengan Allah dan kestuan seluruh umat manusia. Tanda yang menyelamatkan umat manusia Gereja menyalurkan rahmat keselamatan melaui 7 (tujuh) sakramen yaitu sakramen Baptis, Krisma, Ekaristi, Tobat,, Thabisan, Perkainan, dan Sakramen Pengurapan Orang Sakit.
4. Keterampilan
1. Tehnik : Proyek
2. Bentuk Instrumen : Buatlah sebuah laporan yang ,menggambarkan tentang aneka kegiatan yang kalian lakukan dalam mengikuti kegiatan rohani di Gereja dengan mendasarkan pada jurnal kegiatan rohani
Indikator Penilaian
1. Isi sesuai dengan tema
2. memiliki bukti fisik yang menunjukkan kebenaran dalam megikuti kegiatan tersebut.
3. Bahasa jelas, mudah dipahami, kata-kata yang digunakan tepat.
Silahkan Bapak Ibu Guru mendownload RPP Pendidikan Agama Katolik dibawa ini, karena perangkat pembelajaran ini bisa membantu Bapak dan Ibu Guru untuk memudahkan pembelajaran karena perangkat ini sudah tersusun dalam kegaiatan-kegiatanya yang kita akan ajarkan di dalam kelas. Perangkat ini juga bisa mengurangi beban atau susah mencari perangkat pembelajaran, silahkan untuk mendownload Rpp ini. Terima Kasih
Download RPP 1 Lembar Agama Katolik