KUMPULAN MATERI AGAMA KATOLIK TINGKAT SMP/SMA DAN UMAT REVISI

Unduh RPP 1 Halaman Agama Katolik Part 5 Versi Terbaru

Kekatolikan- RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangakan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). RPP yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, buku teks pelajaran dan buku panduan guru.

Menyusun RPP secara lengkap dan sistematis sebagai langkah awal dari proses pembelajaran. Hal ini dimaksudkan agar pembelajaran dapat terlaksana dengan baik dan kita juga terampil dalam proses pembelajaran. 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Sekolah             : SMP......
Mata Pelajaran  : Pendidikan Agama Katolik
Kelas/Semester : VII/Genap
Alokasi Waktu  : 1x pertemuan (3x40 menit)
Pelaksanaan      : ..........

A. Kopetensi Dasar
KI 1: Menghargai dan mengayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santunpercaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanya.
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, menrangkai, memodifikasi, dan membuat) dan rana abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kopetensi Dasar
3.7 Memahami aneka pelayanan Gereja
4. 7 Melakukan aktivitas (misalnya aksi sosial/mengikuti kegiatan lingkungan/ menymbang dana/ menysun doa/wawancara) yang berkaitan dengan aneka pelayanan Gereja

C. Indikator
1. Menjelaskan isi dari 4 tugas Gereja yaitu Liturgi, Koinonia, Kerygma, dan Diakonia
2. Merumuskan pelaksanan tugas remaja yang ambil bagian dalam 4 Tugas Gereja
3. Menyebutkan contoh perwujudan 4 tugas Gereja di masa sekarang

D. Tujuan
1. Peserta didik dapat memahami berbagai kegiatan yang dilakukan di Gereja
2. Peserta didik dapat memahami bahwa perkembangan iman dapat dilakukan melalui keterlibatan dalam kegiatan pelayanan di Gereja

E. Materi Pembelajaran
Bentuk-bentuk Pelayanan Gereja sebagai Paguyuban

F. Media, Sumber, Metode Pembelajaran
1. Media
-Laptop
-LCD 
2. Sumber Pembelaran 
- Kitab Suci
- Belajar mengikuti Yesus Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas VII. Komisi Kateketik KWI, Yogyakarta: Kanisius
- Pengalaman Siswa 
- Unduh Internet (gambar)
3. Metode Pembelajaran
- Pengamatan, tanya jawab, diskusi, studi pustaka

G. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru membangun suasana belajar yang kodusif
2. Mengajak peserta didik mengawali pelajaran dengan Doa
3. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dipelajari, kegiatan yang akan dilaksanakan dan penilaian yang akan dilakukan.
b. Kegiatan Inti
1. Pendidkan diminta untuk mengamati beberapa gambar dari internet yang  menggambarkan berbagai bentuk tugas pelayanan dalam Gereja Katolik
2. Peserta didik diminta untuk mendengarkan shering pengalaman temannya yang pernah mengikuti beberapa kegiatan pelayanan
3. Peserta didik diminta untuk merumuskan pertanyaan sehubungan dengan bentuk-bentuk tugas pelayanan dalam Gereja Katolik
4. Berdasarkan pertanyaan yang telah dirumuskan bersama, peserta didik menggali jawabanya dengan cara wawancara dengan guru Katolik yang ada disekolah atau studi pustaka
5. Peserta didik kemudian merumuskan hasil yang telah diperolehnya dan kemudian mempersentasikannya dalam kelompok kecil
6. Guru memberikan peneguhan
7. Peserta didik diminta untuk membaca Kitab Suci
8. Guru memberikan beberapa pengarahan sehubungan dengan bacaan
9. Peserta didik dapat berbagi (sharing) dengan teman akan jawaban mereka
10. Guru memberikan peneguhan
 c. Penutup
1. Guru mengajak para peserta didik untuk duduk, hening dan memejamkan mata, sambil menyampaikan refleksi
2. Sebagai penutup proses pembelajaran, guru mengajak peserta didik untuk berdoa bersama 

H. Penilaian
Tehnik
- Observasi
- Penilaian
- Test Tertulis
- Tertulis
Nilai
- 4=Selalu
- 3=Sering
- 2=Kadang-kadang
- 1=Tidak pernah

1. Sikap spiritual
Instrumen Penilaian
1. Bersyukur atas adanya berbagai kegiatan di gereja
2. Menyatakan rasa syukur dengan mengikuti kegiatan yang ada di gereja
3. Mengajak teman yang lain untuk mengikuti kegiatan yang ada di Gereja
2. Sikap Sosial
a. Tehnik                    : Obsevasi
b. Bentuk Instrumen  : Lembar Observasi
Instrumen Penilaian
1. Tanggap
2. Disiplin
3. Tanggung jawab
4. Kreatifitas
5. Integritas
6. Hospitality
7. Kasih sayang
8. Rasa hormat
9. Keadilan
3. Penilaian Pengetahuan
Instrumen
1. Menjelaskan dari isi 4 tugas Gereja yaitu Liturgia, koinonia, kerygma, dan diakonia
2. Merumuskan Pelaksanaan tugas remaja yang ambil bagian dalam 4 tugas Gereja
3. Menyebutkan contoh perwujudan 4 tugas Gereja di masa sekarang
Kunci Jawaban
1. a). Liturgia (menguduskan) merupakan segala bentuk kegiatan ibadat kepada Tuhan yang dilakukan oleh umat, secara personal maupun sosial baik yang sakramen dan bukan sakramen, b). Diakonia (melayani) merupakan segala bentuk pelayanan kepada semua orang yang membutuhkan bantuan, c). Kerygma (mewartakan) merupakan segala  bentuk pewartaan, pengajaran iman, dan komunikasi iman untuk saling meluruskan padangan iman, d). Koinonia (Persekutuan) merupakan segala usaha untuk semakin mewujudkan dan mengukuhkan persaudaraan murid-murid Kristus dengan saling membantu, saling berbagi, dan memenuhi kebutuhan bersama.
2. Remaja dapat mengambil bagian dalam 4 tugas Gereja dalam kegiatan misalnya Putra-Putri Altar, Legio Maria Yunior, Anthiok, Remaja Katolik, Orang Muda Katolik, Kelompok Kariawan Muda Katolik, dan sebagainya.
3. Contoh kegiatan dari 4 bidang tersebut misalnya: Liturgia (Menguduskan) contonya Perayaan Ekaristi, ibadat, doa novena dan lain-lain; Diakonia (melayani) contoh dalam paroki terdapat poliklinik, dana solidaritas, yayasan yatim piatu dan lain-lain; Kerygma (mewartakan) contonya pelajaran agama, pelajaran untuk calon baptis, katekese umat, kotbah dan lain-lain; kelompok legio Maria, mamiage Encounter (ME) wanita Katolik.

4. Keterampilan
1. Tehnik                   : Proyek
2. Bentuk Instrumen : Buatlah rancangan kegiatan dalam lingkungan dan laksanakan kegiatan tersebut bersama dengan teman kelompok
3. Aspek dan Indicator Penilaian
Persiapan= Melakukan persiapan dalam bentuk pertemuan-pertemuan, Membuat rancang kegiatan
Pelaksanaan= Membuat agenda kegiatan, Membuat catatan temuan
Pelaporan= Membuat laporan kegiatan, Menyampaikan Evaluasi

Silakan Bapak dan Ibu Guru mengunduh RPP di bawah ini, semoga ini menjadi pegangan kita sebagai guru Pendidikan Agama Katolik, karena pasti kita membutuhkan perangkat pembelajaran untuk mengajar di dalam kelas, RPP sudah tersusun rapi dan mengikuti dari penyusunan yang sudah di buat. Ini sangat membantu dan mengurangi beban atau meringankan segala kesulitan bapak dan ibu guru ketika mengajar. Sekian dan Terima Kasih

Unduh RPP 1 Lembar Agama Katolik

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang PowerPoint, materi pembelajaran, dan contoh soal seputar agama Katolik menggunakan kurikulum 2013 revisi terbaru. Semoga media dan perangkat pembelajaran yang admin bagikan kali ini dapat bermanfaat buat Bapak Ibu Guru dan juga peserta didik dalam mencari referensi seputar mata pelajaran agama Katolik. Kiranya Tuhan Yesus selalu menyertai Bapak Ibu dan keluarga di mana pun berada. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Unduh RPP 1 Halaman Agama Katolik Part 5 Versi Terbaru