Kekatolikan- Pada kesempatan ini kami akan memberikan reverensi mengenai Perangkat RPP (Rencana Pelaksaan Pembelajaran) ini khusus untuk Guru Agama Katolik, yang bisa membantu untuk melaksanakan mata pembelajaran agama. Dan semoga ini menjadi manfaat bagi kita sebagai tenaga guru, sehingga dalam proses pembelajaran kita dapat terlaksana dengan baik, karena di dalamnya sudah teratur dan apa saja yang kita perlukan untuk melakukan kegiatan pembelaran, ini sudah teratur dari awal sampai akhir pembelajaran.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP....
Mata Pembelaran : Pendidikan Agama Katolik
Kelas/Semester : VII/ Genap
Alokasi Waktu : 1x pertemuan (3x40 menit)
A. Kompetensi Inti
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disipin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disipin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang limu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelari di ekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
3.5 Memahami peran Roh Kudus pada Gereja Perdana dan Gereja masa kini
4.5 Melakukan aktivitas (misalnya menyusun doa/puisi/ membuat refeleksi/ ibadat) yang berkaitan dengan peran Roh Kudus pada Gereja perdana dan Gereja masa kini.
C. Indikator
3.5.1 Menjelaskan berbagai godaan yang harus diwaspadai.
3.5.2 Menjelaskan pentingnya membedakan roh.
3.5.3 Menjelaskan bentuk-bentuk bimbingan Roh Kudus di masa kini.
3.5.4 Menyebutkan beberapa hal yang perlu diperhatian untuk mendapat karunia Roh Kudus
D. Tujuan
1. Melalui kegiatan membaca cerita dan Tanya jawab, peserta didik dapat memahami bimbingan Roh Kudus dalam peristiwa sehari-hari.
2. Melalui pembacaan dan pendalaman teks Kitab Suci, peserta didik diharapkan dapat semakin mengenal pengalaman tokoh dalam Teks Kitab Suci yang menerima bimbingan Roh Kudus.
E. Materi Pembelajaran
Mengututi Bimbingan Roh Kudus
F. Media, Sumber Pembelajaran
1. Media:
- Laptop
- LCD
2. Sumber Pembelajaran
1. Kitab Suci
2. Kementrian Pendidikan dan kebudayaan. 2014. Pendidikan Agama Katolik dan budi Pekerti Kelas VIII, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
3. Pengalaman Siswa
G. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
- Membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, dan berdoa bersama sebelum pembelajaran dilaksanakan (nilia-nilai religius).
- Mengecek kehadiran peserta didik
- Memberikan apersepsi/motifasi
- Menyampaikan tujuan pembelajaran
b. Kegiatan Inti (95 menit)
- Guru Mengajak Peserta didik untuk menyimak cerita Nia dan Nina
- Pereta didik diberi kesempatan untuk merumuskan beberapa pertanyaan sehubungan dengan cerita, terutama pertanyaan menyangkut berbagai godaan dan karya Roh Kudus dalam diri kita.
- Berdasarkan pertanyaan yang telah dirumuskan, peserta didik diminta untuk merumuskan jawabanya dengan cara berdialong/ tanya jawab diantara teman mereka
- Setelah peserta didik menyampaikan hasil rumusnya, guru dapat memberikan pokok-pokok peneguhan
- Guru dapat memberikan pengantar misanya: tokoh-tokoh dalam Kitab Suci baik Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru, menunjukkan bagaiamana mereka menerima bimbingan Roh Allah. Mereka dengan kepekaan masing-masing menerima dan menaggapi bimbingan Roh Allah.
- Peserta didik diminta untuk membaca Kitab Suci Keluaran 13: 17-22 dan Markus 1:1-13
- Peserta didik diminta untuk mendalami teks Kitab Suci dengan bantuan penyertaan:
a. bagaimana Roh Kudus membimbing para tokoh dalam Kitab Suci?
b. Carilah tokoh-tokoh lain dalam Kita Suci yang dibimbing oleh Roh Kudus!
c. Bagaimana cara Roh Kudus membimbing manusia di jaman sekarang ini?
d. Apa yang dapat kita lakukan agar kita bisa semakin peka terhadap bimbingan Roh Kudus?
- Setelah peserta didik dapat menemukan dan merumuskan jawaban atas pertanyaan diatas, dilakukan pleno, dan kemudian guru dapat memberikan beberapa peneguhan
c. Penutup
- Peserta didik dengan panduan guru menyimpulkan pembelajaran
- Peserta didik diminta untuk duduk dengan rileks dan hening kemudian diminta untuk melakukan refleksi.
- Guru dapat membantu refleksi peserta didik dengan panduan pada guru buku.
- Peserta didik diajak mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mendaraskan Mazmur bersama-sama Mazmur 25: 2-12
H. Penilaian
Teknik:
-Obserfasi
- Penilaian diri
- Test tertulis
- Tertulis
Nilai:
- 4= selalu
- 3= sering
- 2= kadang-kadang
- 1= tidak pernah
1. Sikap spritual
Instrumen Penilaian:
- Percaya Akan hadirnya Roh Kudus
- Mengimani bahwa Roh Kudus mendampingi saya dalam setiap langkah hidup
- Percaya bahwa Roh Kudus mendampigi saya dalam menjani hidup ini
- Percaya bahwa Roh Kudus membimbing dalam langkah hidup
2 Sikap Sosial
c. Tehnik : Observasi
b. Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
4. Tanggap
5. Disiplin
6. Tanggung jawab
3. Nilai Pengetahuan.
Instrumen
Instrumen
1. Jelaskan berbagai godaan yang harus diwaspadai
2. Jelaskan pentingnya membedakan roh
3. Jelaskan bentuk-bentuk bimbingan Roh Kudus di masa kini
4. Sebutkan beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendapat karunia Roh Kudus
Kunci Jawaban
1. a) Godaan untuk mencari kesempurnaan dengan cara yang tidak baik seperti Nina, b) Dorongan untuk berbuat, dengan mengharapkan pamrih, c) Godaan untuk merasa senang memikirkan jasa-jasanya sendiri dan cenderung untuk ingin dihargai, dan sebagainya.
2. a) Kehilangan damai tampa sebab yang objektif atau adanya dosa tertentu, b) Rasa khwatir yang tidak beralasan, c) menjadi sedih tanpa sebab, d) adanya godaan untuk mundur dan meninggalkan hidup yang benar dalam Roh Kudus dengan berbagai alasan untuk menggenakan diri, e) Timbul ketakutan-ketakutan yang sebelumnya tidak pernah terjadi.
3. Untuk jaman sekarang ini Roh Kudus membimbing kita melalui berbagai cara antara lain: a) Melalui sabda-Nya dalam Kitab Suci, b) Melalui Gereja-Nya, c) Melalui bimbingan Khusus, d) Bimbingan khusus lewat orang lain
4. a) Menjalani kehidupan doa yang baik dan mendalam, b) Memliki sikap kesungguhan hati dalam mencari kehendak Allah, c) Percaya penuh kepada Tuhan bahwa Ia akan membimbing kita dalam membedakan roh, d) Senantiasa menjalin dan mencari kehendak Allah melalui firman Tuhan sebagai pegangan yang pertama dan utama, e) Meminta bimbingan rohani kepada mereka yang sudah lebih lama terlibat dalam kehidupan rohani.
4. Keterampilan
1. Tehnik : Menulis
2. Bentuk Instrumen : Buatlah sebuah refleksi tertulis tentang karya Roh Kudus dalam hidupmu selama ini.
Indikator Penilaian
1. Isi sesuai dengan tema
2. Isi mengandung unsur-unsur Alkitab
3. Kata/bahasa yang digunakan tepat, mudah dipahami
2. Jelaskan pentingnya membedakan roh
3. Jelaskan bentuk-bentuk bimbingan Roh Kudus di masa kini
4. Sebutkan beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendapat karunia Roh Kudus
Kunci Jawaban
1. a) Godaan untuk mencari kesempurnaan dengan cara yang tidak baik seperti Nina, b) Dorongan untuk berbuat, dengan mengharapkan pamrih, c) Godaan untuk merasa senang memikirkan jasa-jasanya sendiri dan cenderung untuk ingin dihargai, dan sebagainya.
2. a) Kehilangan damai tampa sebab yang objektif atau adanya dosa tertentu, b) Rasa khwatir yang tidak beralasan, c) menjadi sedih tanpa sebab, d) adanya godaan untuk mundur dan meninggalkan hidup yang benar dalam Roh Kudus dengan berbagai alasan untuk menggenakan diri, e) Timbul ketakutan-ketakutan yang sebelumnya tidak pernah terjadi.
3. Untuk jaman sekarang ini Roh Kudus membimbing kita melalui berbagai cara antara lain: a) Melalui sabda-Nya dalam Kitab Suci, b) Melalui Gereja-Nya, c) Melalui bimbingan Khusus, d) Bimbingan khusus lewat orang lain
4. a) Menjalani kehidupan doa yang baik dan mendalam, b) Memliki sikap kesungguhan hati dalam mencari kehendak Allah, c) Percaya penuh kepada Tuhan bahwa Ia akan membimbing kita dalam membedakan roh, d) Senantiasa menjalin dan mencari kehendak Allah melalui firman Tuhan sebagai pegangan yang pertama dan utama, e) Meminta bimbingan rohani kepada mereka yang sudah lebih lama terlibat dalam kehidupan rohani.
4. Keterampilan
1. Tehnik : Menulis
2. Bentuk Instrumen : Buatlah sebuah refleksi tertulis tentang karya Roh Kudus dalam hidupmu selama ini.
Indikator Penilaian
1. Isi sesuai dengan tema
2. Isi mengandung unsur-unsur Alkitab
3. Kata/bahasa yang digunakan tepat, mudah dipahami
Silakan Bapak dan Ibu Guru mengunduh Perangkat Pembelajaran RPP Agama Katolik ini, di link yang telah admin sediakan di bawa ini. Semoga apa yang admin sediakan menjadi manfaat bagi guru-guru Agama Katolik dan guru tidak kesulitan dalam pembelajaran, ini sangat membantu bagi kita sebagai tenaga guru yang akan mengajar di dalam kelas dan sangat memudahkan bagi kita dalam proses pembelajaran. Sekian dan Terima kasih.
Unduh RPP 1 Lembar Agama Katolik