Kekatolikan- Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah suatau perang yang akan membantu dalam proses pembelajaran guru maupun siswa didalam kelas, karena RPP sudah tersusun langkah-langkah pembelajaran didalamnya, sehingga memudahkan dalam proses pembelajaran kita sebagai tenaga guru. RRP juga memnggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kopetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sekurang-kurangnya memuat tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian, dan penilaian hasil belajar.
Salah satu cara proses pembelajaran adalah, guru senantiasa mengajak murid untuk terlibat didalam prose pembelajaran, seperti gambar di atas, seorang guru senantiasa memberikan pertanyaan-pertanyaan, sehingga murid berlomba-lomba untuk bertanya dan menjawad pertanyaan dari seorang guru. Jika proses pembelajaran seperti itu, pasti kita sebagai seorang guru sangat bangga karena murid-murid kita semua terlibat dalam proses pembelajaran di kelas tersebut.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP............
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Katolik
Kelas/Semester : VII/Genap
Alokasi Waktu : 1x pertemuan (3x40 menit)
Pelaksanaan :..............
A. Kompetensi Inti
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang limu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan memuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lian yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
3.8 Menggali informasi dari Kitab Suci dan ajaran Gereja untuk memahami bahwa Gereja adalah tanda dan sarana keselamatan bagi semua orang
4.8 Mendoakan Gereja agar makin mampu mewujudkan diri sebagai tanda dan sarana keselamatan bagi semua orang
C. Indikator
1. Menceritakan simbol-simbol tentang keselamatan
2. Menjelaskan pemahaman tentang keselamatan
3. Menjelaskan makna keselamatan berdasar Kitab Suci
D. Tujuan
1. Melalui kegiatan refleksi, pengamatan dan tanya jawab. peserta didik dapat memahami tanda dan sarana keselamatan yang pernah dialami
2. Melalui kegiatan membaca dan mendalami Kitab Suci Peserta didik dapat memahami ajaran tentang keselamatan Kitab Suci
E. Materi Pembelajaran
Tanda dan Sarana Penyelamatan dalam Hidup Manusia
F. Media, Sumber, Metode Pembelajaran
1. Media:
-Laptop
- LCD
2. Sumber Pembelajaran
1. Kitab Suci
2. Belajar Mengikuti Yesus Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas VII. Komisi Kateketik KWI, Yogyakarta: Kanisius
3. Pengalaman siswa
4. Internet Sumber: http://vicorise.net
3. Metode Pembelajaran
Pengamatan, tanya jawab, diskusi, studi pustaka
G. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru membangun suasana belajar yang kondusif
2. Mengajak peserta didik mengawali pelajaran dengan Doa
3. Guru menyampaikan kopetensi yang aklan di pelajari, kegiatan yang akan dilaksanakan dan penilaian yang akan dilakukan
b. Kegiatan Inti
1. Guru mengajak peserta didik untuk melakukan kegiatan refleksi/mengingat kembali pengalaman yang telah lalu
2 Peserta didik diminta untuk mengamati beberapa gambar yang menggambarkan peringatakan/simbol untuk berusaha mendapatkan keselamatan. Sumber: http://victorise. net
3. Peserta didik diminta untuk mengungkapkan beberapa pertanyaan sehubungan dengan gambar yang diamati
4. Guru dapat memberikan peneguhan
5. Peserta didik diminta untuk membaca Kitab Cuci Lukas 19:1-10
6. Peserta didik diminta untuk merumuskan arti keselamatan berdasarkan Kitab Suci tersebut
7. Setelah selesai merumuskan, peserta didik diminta untuk mewancarai salah satu guru, untuk menanyakan arti/makna keselamatan menurut pandangan guru tersebut
8. Peserta didik membuat perbandingan antara pandangan guru dengan Kitab Suci tentang keselamatan
9. Peserta didik diminta untuk merumuskan pandangan mereka tentang keselamatan setelah dibandingkan pemahaman keselamatan tersebut
10. Peserta didik kemudian diberi tugas untuk kembali menemukan pemahaman tentang keselamatan dalam Kitab Suci
c. Guru dapat memberikan peneguhan
1. Guru mengajak para peserta didik untuk duduk, hening dan memejamkan mata, sambil menyampaikan refleksi
2. Seabagai penutup proses pembelajaran, guru mengajak peserta didik untuk berdoa bersama
H. Penilaian
Tehnik
- Observasi
- Penilaian diri
- Test tertulis
- Tertulis
Nilai
- 4= Selalu
- 3= Sering
- 2= Kadang-kadang
- 1= Tidak pernah
1. Sikap Spritual
Instrumen Penilaian
1. Bersyukur atas kehadiran gereja di dunia ini
2. Mensyukuri kehadiran Gereja dengan berdoa
3. Mewudkan rasa syukur dengan mengikuti kegiatan liturgi di Gereja
2. Sikap Sosial
a. Tehnik : Observasi
b. Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
Instrumen Penilaian
1. Tanggap
2. Disiplin
3. Tanggung jawab
4. Kreatifitas
5. Integritas
6. Hospitality
7. Kasih sayang
8. Rasa hormat
9. Keadilan
3. Penilaian Pengetahuan
Instrumen
1. Jelaskan pemahamanmu tentang keselamatan
2. Sebutkan upaya-upaya manusia dalam mendapatkan keselamatan
3. Jelaskan makna keselamatan berdasarkan Kitab Suci Matius14:30-31
Kunci jawaban
1. Keselamatan dapat berarti terhindar dari bahaya maut, sehingga masih bisa dilanjutkan hidupnya di dunia ini. Keselamatan juga dapat diartikan diampuni dosa-dosanya sehingga "mendapat tempat disisi Tuhan", maksudnya hidup berbahagia di surga
2. Berbagai upaya dilakukan oleh setiap orang untuk mendapatkan keselamatan banyak diungkapkan dengan berbagai simbol. Bisa dengan menggunakan kata-kata tetapi bisa juga dengan menggunakan gambar-gambar
3. Matius 14:30-31; Keselamatan diartikan sebagai mendapat pertolongan sehingga terhindar dari bahaya. Ketika Petrus akan tenggelam ia berseru, "Tuhan tolonglah aku!" segeralah Yesus mengulurkan tangan-Nya.
4. Keterampilan
1. Tehnik : Proyek
2. Bentuk Instrumen : Buatlah sebuah laporan yang menggambarkan tentang aneka kegiatan yang kalian lakukan dalam mengikuti kegiatan rohani di Gerejamu dengan mendasarkan pada jurnal kegiatan rohani
Indikator Penilaian
1. Isi sesuai dengan tterema
2. Memiliki butu fisik yang menunjukkan kebenaran dalam mengikuti kegiatan tersebut
3. Bahasa jelas, mudah dipahami, kata-kata yang digunakan dapat
Silakan Bapak dan Ibu Guru mendownlod Perangkat Pembelajaran RPP Agama Katolik ini di link yang telah admin bagikan kali ini. Semoga Perangkat Pembelajaran dapat membantu dan mengurangi beban bapak dan ibu guru di sekolah ketika mengajar. Selamat mendownlod Perangkat ini, semoga bermanfaat. Terima Kasih
Silakan Bapak dan Ibu Guru mendownlod Perangkat Pembelajaran RPP Agama Katolik ini di link yang telah admin bagikan kali ini. Semoga Perangkat Pembelajaran dapat membantu dan mengurangi beban bapak dan ibu guru di sekolah ketika mengajar. Selamat mendownlod Perangkat ini, semoga bermanfaat. Terima Kasih
Download RPP 1 Lembar Agama Katolik