Kekatolikan- Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah suatu perang yang akan membantu dalam proses pembelajaran guru bersama dengan para murid di dalam kelas, dan RPP sudah tersusun langkah-langkah pelajaran didalanya, sehingga memudakan kita dalam proses pembelajan kita sebagai tanaga guru. RPP juga menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. RPP sekurang-kurangnya memuat tujuan pembelajaran, materi ajar, penialaian, dan terakhir penilaian hasil belajar.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A. Kompetensi Dasar
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agam yang dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan jangkauan pergaulan dan keberadaanya
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan memuat) dan ranah bastrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudat pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
1.7 Beriman akan Yesus yang telah mengajarkan sifat dan sikap yang baik
2.7 Jujur dalam meneladani berbagai sifat dan sikap Yesus Kristus
3.7 Memahami berbagai sikap Yesus Kristus yang patut diteladani
4.7 Merencanakan aktivitas/kegiatan sebagai perwujudan meneladan berbagai sifat dan sikap Yesus Kristus dalam kehidupan sehari-hari
C. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu
1. Menceritakan pengalaman memaafkan
2. Menuliskan empat tahap dalam pemberian maaf pada seseorang
3. Menjelaskan sikap mengampuni seturut teladan Yesus berdasarkan Kitab Suci (Matius 18:21-35)
4. Mengembangkan sikap mengampuni seturut teladan Yesus dalam hidup sehari-hari
D. Materi Pembelajaran
Yesus sang Pengampun
E. Metode: Diskusi, shering, refleksi
F. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahluan (10 menit)
1. Doa Pembuka: Seorang siswa dipersilahkan untuk berdoa secara spontan
2. Guru menanyakan tugas-tugas yang dikerjakan pada pelajaran sebelumnya
3. Guru mengecek kesiapan belajar siswa dengan bertanya jawab tentang materi pembelajaran minggu sebelunya
1. Guru meminta peserta didik untuk mengamati gambar tentang orang yang berjabat tangan
2. Setelah pengamatan, guru memberikan tugas dengan pengantar misalnya "Setiap orang pernah bersalah dan meminta maaf, dan juga pernah memberi maaf kepada teman yang bersalah. Berdasarkan pengalaman kalian, cobalah untuk mengisi kolom berikut ini!
- Ketika kamu bersalah: apakah lebih sering meminta maaf? atau melupakan dan tidak meminta maaf. Apa lasanya? Bagaimana perasaanmu atas tindakan itu?
- Ketika orang lain bersalah kepadamu: apakah lebih sering memberi maaf? Atau melupakan dan tidak memberi maaf. Apa alasanya? Bagaimana perasaanmu atas tindakan itu?
3. Guru meminta kepada peserta didik untuk mengomunikasikan pengalaman mereka kepada teman-teman boleh dalam kelompok kecil atau secara klasikal
4. Setelah berbagai, Guru dapat memberikan beberapa pokok peneguhan
Belajar dari Tuhan Yesus dalam Memberikan Pengampunan kepada sesama
5. Guru mengajak peserta didik untuk membaca perikop dalam Injil Matius 18:21-35 dengan khidmat secara bergiliran memcakan satu ayat
6. Setelah membaca Firman Tuhan tersebut, guru melakukan tanya jawab bersama peserta didik dengan materi pertanyaan sebagai berikut!
a. Bagiaman pendapat Petrus tentang memberi pengampunan?
b. Bagaimana pendapat Yesus tentang memberi pengampunan?
c. Berdasarkan pendapat Yesus, Sikap apa saja yang kita perlukan agar dapat melakukan pengampunan seperti yang diajarkan Yesus
d. Menurutmu, apa saja tahap-tahap bagi seseorang untuk memberikan pengmpunan?
7. Grur kemudian membacakansebuah cerita tentang pengampunan Tuhan untuk direnungkan isi ceritanya?
8. Setelah selesai membacakan cerita, guru dapat menyampaikan beberapa pokok peneguhan
c. Kegiatan Penutup (15 menit)
1. Guru minta pesrta didik untuk melakukan refleksi pribadi berdasarkan kegiatan pembelajaran hari ini, dan hasil refleksinya diminta untuk diungkapkan secara tertulis
2. Pesrta didik diminta untuk menyanyikan lagu berikut ini sebagai ungkapan doa mereka menutup kegiatan pembelajaran
G. Penilaian
1. Sikap Spirtual
Bentuk/teknik Penilaian: Penilaian diri
Instrumen Penilaian: Nilailah dirimu sendiri dan berilah tanda centang pada kolom 4 (selalu), 3 (sering), 2 (Kadang-kadang), atau 1 (tidak pernah) sesuai dengan hal-hal yang ada dalam pernyataan berikut ini.
2. Sikap Sosial
- Tehnik: Observasi
- Bentuk Instrumen: Lembar Observasi
3. Penilaian Pengtahuan
Tes tertulis
1. Sebutkan faktor penghambat yang mmembuat orang sulit mengamouni!
2. Sebutkan keuntungan bila mampu mengampuni dan mendapatkan pengampunan!
3. Jelaskan pengampunan yang dilakukan oleh Yesus seperti dikisahkan dalam Yoh 8: 2-11
Kunci Jawaban
1. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan orang sulit untuk memaafkan atau juga orang sukit untuk meminta maaf atas kesalahanya yaitu:
- Karena keinginan untuk mempertahankan "haraga diri" atau wibawa,
- Karena gengsi
- Karena sikap egois dan mau menang sendiri
2. Dengan mau megampuni, ataupun mau meminta maaf, akan dapat menjadikan hati kita tenang, tenram, damai, jauh dari segala permusuhan dan dendam, bahkan dengan memaafkan atau meminta maaf, hubungan kita dengan sesama dan denganTuhan akan tetap terjalin dengan harmonis dan menyenagkan.
3. Yesus melakukan pengampunan kepada perempuan yang berdoa ini, Yesus tidak mengadili, tetapi memberi kesempatan kepada perempuan tersebut untuk berubah dan tidak melakukan dosa lagi. Yesus memberi kesempatan kepada pendosa itu untuk bertobat
4. Keterampilan
- Tehnik: Lisan
- Bentuk Instrumen: Berdoa secara spontan (doa perdamaian)
- Kisi-kisi
Indikator Penilaian
1. Truktur doa memuat: pujian, syukur dan permohonan
2. Isi doa
3. Bahasa, kata tepat, jelas dan bisa dipahami
H. Media, Sumber Pembelajaran
1. Media:
- Laptop
- LCD
2. Sumber Pembelajaran
- Kitab Suci
- Buku Guru PAK revisi 2016
- Buku Siswa PAK revisi 2016
- Pengalaman Siswa
Silahkan Bapak dan Ibu Guru mendownload Perangkat Pembelajaran RPP Agama Katolik di Link di bawa ini. Semoga perangkat Pembelajaran ini berguna bagi kita dan bisa membantu dalam proses pembelaran ketika mengajar di dalam kelas, sekalian juga mengurangi beban bapak ibu guru dan bisa terbantu dalam perangkat pembelajaran ini. Sekian dan Terimakasih.
Download RPP 1 Lembar Agama Katolik Versi K13