Kekatolikan- Pada kesempatan ini, kami akan memberikan suatu reverensi mengenai Perangkat Pembelajaran baru, untuk persiapan tahun 2020 atau disebut RPP yang bisa membantu guru-guru agama untuk pelaksanaan pembelajaran dan tidak terlalu rumit untuk cara pembauatannya di banding dengan perangkat sebelumnnya.
Ini adalah suatu perangkat yang tidak banyak biaya untuk kita prin, karena RPP ini hanya dibentuk menjadi satu, sehingga tidak mempersulit biaya dalam memprin perangkat tersebut, sehingga kita bisa hemat dalam hal tersebut, selamat untuk kita semua yang membutuhkan reverensi ini, selamat mencoba untuk perangkat tersebut.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
(RPP)
Sekolah : ...........
Mata Pembelajaran : Pendidikan Agama Katolik
Kelas/Semester : VIII/2
Alokasi Waktu : 1X Pertemuan (3x40 menit)
Tanggal Pelaksanaan: ..........
A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam rana konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang di pelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
3.5 Memahami peran Roh Kudus pada Gereja Perdana dan Gereja masa kini
4.5 Melakukan aktifitas (Misalnya menyusun doa/puisi/membuat refleksi
/ibadat) yang berkaitan dengan peran Roh Kudus pada Gereja Perdana dan Gereja masa kini
C. Indikator
1. Menjelaska Peran Roh Kudus pada para Rasul
2. Menyebutkan karunia-karunia Roh Kudus
3. Menjelaskan peran Roh Kudus pada saat ini
D. Tujuan
1. Peserta didik dapat memahami tentang karunia Roh Kudus
2. Peserta didik dapat menyebutkan karunia-karunia Roh Kudus
3. Peserta didik dapat semakin memahami daya karya Roh Kudus bagi para Rasul dan Gereja sehari-hari
E. Materi Pembelajaran
Roh Kudus Memberi Daya Kekuatan
F. Media, Sumber Pembelajaran
1. Media:
-Laptop
-LCD
2. Sumber Pembelajaran
-Kitab Suci
-Komisi Kateketik KWI. 2017. Belajar mengikuti Yesus Kelas VIII. Yogyakarta:Kanisus
-Pengalaman Siswa
G. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1) Guru membangun suasana belajar yang kodusif
2) Mengajak Peserta didik mengawali pelajaran dengan mendaraskan bersama Doa Pembuka
3) Guru menyampaikan kopetensi yang akan dipelajari, kegiatan yang akan dilaksanakan dan penilaian yang akan dilakukan
b. Kegiatan Inti
1. Peserta membaca sebuah Doa mohon tujuh karunia Roh Kudus dari St. Bonaventura
2. Peserta didik merumuskan beberapa pertanyaan sehubungan dengan doa dari St. Bonaventura
3. Peserta didik berdialog berdua-dua untuk mebahas pertanyaan yang sudah ditetapkan oleh guru
4. Beberapa peserta didik membentuk kelompok yang lebih besar untuk menyampaikan hasli berdiskusi berdua tadi
5. Guru dapat memberikan beberapa peneguhan
6. Peserta didik diminta untuk membaca kembali teks Kitab Suci tentang TurunNya Roh Kudus atas para rasul
7. Peserta didik diminta untuk mendalami bacaan Kitab Suci dengan bantuan pertanyaan
8. Peserta didik menyampakan jawaban atas pertanyaan dalam pendalaman, dan guru dapat memberikan beberapa peneguhan
9. Peserta didik untuk membaca merenungkan daya karya Rph Kudus dalam diri anak dalam sebuah cerita
c. Penutup
1. Guru mengajak para peserta didik untuk duduk, hening dan memejamkan mata, sampai menjelaskan refleksi
2. Peserta didik menuliskan hasil refleksi mereka dalam buku catatan mereka, sebagai penutup proses pembelajaran, guru mengajak peserta didik berdoa bersama.
H. Penilaian
Teknik:
- Observasi
- Penilaian diri
- Tes tertulis
-Tertulis
Nilai:
- 4= selalu
- 3= sering
- 2= kurang
- 1= tidak pernah
1. Sikap Spritual
Instrumen Penilaian
1. Percaya Akan hadirnya Roh Kudus
2. Mengimani bahwa Roh Kudus berkarya dalam setiap langkah hidup
3. Percaya bahwa Roh Kudus membimbing dalam langkah hidup
2. Sikap Sosial
a. Tenkin : Observasi
b. Bentuk Instrumen: Lembar Observasi
Instrumen Penilaian
1. Tabggap
2. Disiplin
3. Tanggung jawab
3. Penilaian Pengetahuan
Instrumen:
1. Menjelaskan peran Roh Kudus pada para Rasul
2. Menyebutkan karunia-karunia Roh Kudus
3. Menjelaskan peran Roh Kudus
Kunci Jawaban:
1. Roh Kudus menyertai para Rasul dengan memberikan Pendampingan, sehingga ketika mereka mewartakan Yesus adalah Tuhan dengan menggunakan satu bahasa, dapat dimengerti oleh berbagai bangsa.
2. Karunia kebijaksanaan, karunia nasehat, karunia pengenalan, karunia kesalehan, karunia takut akan Allah
3. Roh Kudus juga mendampingi Gereja sebagai persekutuan tetap hidup dan berkarya. Karya Gereja dapat dirasakan oleh jemaat hingga saat ini, misalnya pelayanan pendidikan melalui pengajaran-pengajaran (khotbah), karya liturgi seperti Perayaan Ekaristi dan ibadat, karya dan sebagainya.
4. Keterampilan
1. Tehnik : Menulis
2. Bentuk Instrumen: Buatlah sebuah renungan tertulis berdasarkan Kitab Suci tentang tugas Mewartakan Kerajaan Allah
Indikator Penilaian:
1. Isi sesuai dengan tema
2. Isi mengandung unsur-unsur alkitab
3. Kata/bahasa yang digunakan tepat, mudah didapat.
Silakan Bapak dan Ibu Guru mendownload perangkat pembelajaran RPP Agama Katolik ini di link yang telah admin sediakan di bawah ini. Semoga perangkat pembelajaran yang admin bagikan kali ini dapat membantu meringankan beban kinerja Bapak dan Ibu Guru dalam membuat perangkat pembelajaran yang nantinya akan digunakan di dalam kelas demi kelancaran proses pembelajaran yang Bapak dan Ibu Guru bawakan. Selamat mendownload dan semoga bermanfaat. Terima kasih.
1. Guru mengajak para peserta didik untuk duduk, hening dan memejamkan mata, sampai menjelaskan refleksi
2. Peserta didik menuliskan hasil refleksi mereka dalam buku catatan mereka, sebagai penutup proses pembelajaran, guru mengajak peserta didik berdoa bersama.
H. Penilaian
Teknik:
- Observasi
- Penilaian diri
- Tes tertulis
-Tertulis
Nilai:
- 4= selalu
- 3= sering
- 2= kurang
- 1= tidak pernah
1. Sikap Spritual
Instrumen Penilaian
1. Percaya Akan hadirnya Roh Kudus
2. Mengimani bahwa Roh Kudus berkarya dalam setiap langkah hidup
3. Percaya bahwa Roh Kudus membimbing dalam langkah hidup
2. Sikap Sosial
a. Tenkin : Observasi
b. Bentuk Instrumen: Lembar Observasi
Instrumen Penilaian
1. Tabggap
2. Disiplin
3. Tanggung jawab
3. Penilaian Pengetahuan
Instrumen:
1. Menjelaskan peran Roh Kudus pada para Rasul
2. Menyebutkan karunia-karunia Roh Kudus
3. Menjelaskan peran Roh Kudus
Kunci Jawaban:
1. Roh Kudus menyertai para Rasul dengan memberikan Pendampingan, sehingga ketika mereka mewartakan Yesus adalah Tuhan dengan menggunakan satu bahasa, dapat dimengerti oleh berbagai bangsa.
2. Karunia kebijaksanaan, karunia nasehat, karunia pengenalan, karunia kesalehan, karunia takut akan Allah
3. Roh Kudus juga mendampingi Gereja sebagai persekutuan tetap hidup dan berkarya. Karya Gereja dapat dirasakan oleh jemaat hingga saat ini, misalnya pelayanan pendidikan melalui pengajaran-pengajaran (khotbah), karya liturgi seperti Perayaan Ekaristi dan ibadat, karya dan sebagainya.
4. Keterampilan
1. Tehnik : Menulis
2. Bentuk Instrumen: Buatlah sebuah renungan tertulis berdasarkan Kitab Suci tentang tugas Mewartakan Kerajaan Allah
Indikator Penilaian:
1. Isi sesuai dengan tema
2. Isi mengandung unsur-unsur alkitab
3. Kata/bahasa yang digunakan tepat, mudah didapat.
Silakan Bapak dan Ibu Guru mendownload perangkat pembelajaran RPP Agama Katolik ini di link yang telah admin sediakan di bawah ini. Semoga perangkat pembelajaran yang admin bagikan kali ini dapat membantu meringankan beban kinerja Bapak dan Ibu Guru dalam membuat perangkat pembelajaran yang nantinya akan digunakan di dalam kelas demi kelancaran proses pembelajaran yang Bapak dan Ibu Guru bawakan. Selamat mendownload dan semoga bermanfaat. Terima kasih.
Download RPP 1 Lembar Agama Katolik