Kekatolikan- Pada kesempatan ini kami dari admin memberikan suatu referensi mengenai RPP ajaran baru, ini sangat membantu untuk para guru-guru yang sedang kesusahan untuk reverinsi mengenai ajaran-ajaran baru, ketika kita dalam proses pembelajaran khususnya agama katolik ini sangat membantu dalam proses pembelajaran untuk kita. ataukah kita sedang dalam kemepetan untuk suatu pihak yang meminta dengan bukti suatu perangkat pembelajaran.
Dalam proses pembelajaran kita harus memiliki suatu perangkat, karena itu sangat membantu bagi kita dalam proses pembejalaran, dan banyak langkah-langkah didalamnya yang kita perlukan, sehingga dalam segala sesuatunya dapat lancar dengan baik dan bijaksana sebagai tenaga-tenaga guru yang andal dalam pendidikan. Dan kita sebagai guru harus banyak reverensi dalam proses pembelajaran tersebut.
Dalam proses pembelajaran kita harus memiliki suatu perangkat, karena itu sangat membantu bagi kita dalam proses pembejalaran, dan banyak langkah-langkah didalamnya yang kita perlukan, sehingga dalam segala sesuatunya dapat lancar dengan baik dan bijaksana sebagai tenaga-tenaga guru yang andal dalam pendidikan. Dan kita sebagai guru harus banyak reverensi dalam proses pembelajaran tersebut.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Sekolah :......
Materi Pembelajaran : Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Materi Pokok : Tuhan Yesus Kristus Mewartakan Kerejaan Allah melalui sabda dan Tindakan
Alokasi Waktu : 4 Minggu x Jam Pelajaran @40 menit
A. Kopetensi Inti
- KI1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
- KI2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggungjawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
- KI 3: Memahami dan merupakan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- KI 4: Menunjukan keterampilan menaral, emngolah, dan menyayi secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif dan komunikatif, dalam ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B. Kopetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
a. Kopetensi Dasar
1.2 bersyukur atas nilai-nilai Kerajaan Allah yang diwartakan Yesus Kristus memalui sabda dan tindakan
2.2 Bertanggung jawab mewujudkan nilai-nilai Kerajaan Allah melalui kata-kata dan perbuatan
3.2 Memahami tugas Yesus Kristus Mewartakan Kerajaan Allah melalui sabda dan tindakan
4.2 Melakukan aktivitas (misalnya menceritakan pengalaman/refleksi/laporan pengalaman) yang berkaitan dengan keterlibtan dalam mewartakan Kerajaan Allah melalui kata-kata dan perbuatan
b. Indikator
1. Bersyukur atas niliai-nilai Kerajaan Allah yang diwartakan Yesus Kristus melalui sabda dan tindakan
2. Bertanggung jawab mewujudkan nilai-nilai Kerajaan Allah melalui kata-kata dan perbuatan
3. Menjelaskan pengertian Kerajaan Allah pada masa Yesus
4. Menjelaskan pandangan Yesus tentang Kerajaan Allah
5. Membandingkan paham Kerajaan Allah menurut harapan bangsa israel dengan paham menurut Yesus
6. Menjelaskan bahwa Yesus datang untuk mewartakan Kerajaan Allah
7. Menjelaskan arti perumpamaan dalam Kitab Suci
8. Menyebutkan contoh-contoh perumpamaan Yesus dalam Kitab Suci yang menggambarkan Kerajaan Allah
9. Menjelaskan maksud Yesus memberikan perumpamaan
10. Menjelaskan beberapa makna perumpamaan yang yang diberikan Yesus dalam Kitab Suci
11. Memberi contoh tindakan Yesus yang menunjukkan tanda-tanda kehadiran Kerajaan Allah
12. Menjelaskan makna tindakan Yesus sebagai tindakan kehadiran Kerajaan Allah
13. Menjelaskan arti mukjizat
14. Menyebutkan mukjizat-mukjizat yang dibuat Yesus berdasarkan Kitab Suci
15. Menjelaskan makna mukjizat Yesus sebagai tanda kehadiran Kerajaan Allah
16. Melakukan aktivitas (misalnya menceritakan pengalaman/refleksi/laporan pengalaman) yang berkaitan dengan keterlibatan dalam mewartakan Kerajaan Allah melalui kata-kata dan perbuatan
c. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1. Bersyukur atas nilai-nilai Kerajaan Allah yang diwartakan Yesus Kristus melalui sabda dan tindakan
2. Bertanggung jawab mewujudkan nilai-nilai Kerajaaan Allah melalui kata-kata dan perbuatan
3. Menjelaskan pengertian Kerajaan Allah
4. Menjelaskan paham Kerajaan Allah pada masa Yesus
5. Membandingkan paham Kerajaan Allah menurut harapan bansa Israel dengan paham menurut Yesus
6. Menjelaskan bahwa Yesus datang untuk mewartakan Kerajaan Allah
7. Menjelaskan arti perumpamaan dalam Kitab Suci
8. Menyebutkan contoh-contoh perumpamaan Yesus dalam Kitab Suci yang menggambarkan Kerajaan Allah
9. Menjelaskan maksud Yesus memberikan perumpamaan
10. Menjelaskan beberapa makna perumpamaan yang diberikan Yesus dalam Kitab Suci
11. Memberi contoh tindakan Yesus sebagai tanda kehadiran Kerajaan Allah
12. Menjelaskan arti mukjizat
13. Menyebutkan mukjizat-mukjizat yang dibuat Yesus berdasarkan Kitab Suci
14. Menjelaskan bahwa Yesus adalah Mesias
15. Menjelaskan makna mukjizat Yesus sebagai tanda kehadiran Kerajaan Allah
16. Melakukan aktivitas (Misalnya menceritakan pengalaman/refleksi/laporan pengalaman) yang berkaitan dengan keterlibatan dalam mewartakan Kerajaan Allah melalui kata-kata dan perbuatan
d. Materi Pembelajaran
Kerajaan Allah sebagai Pokok Pewartaan Yesus
1. Pengertian Kerajaan Allah
2. Paham Kerajaan Allah dalam Masyarakat Yahudi
3. Pokok Pewartaan Yesus: Kerajaan Allah
Yesus Mewartakan Kerajaan Allah Melalui Perumpamaan
1. Pengertian tentang Pewartaan
2. Perumpamaan tentang Kerajaan Allah
3. Makna Perumpamaan Yesus Mengenai Kerajaan Allah
Yesus Mewartakan Kerajaan Allah Melalui Tindakan dan mukjizat
1. Tindakan Yesus Sebagai tanda kehadiran Kerajaan Allah
2. Mukjizat Yesus sebagai tanda kehadiran Kerajaan Allah
3. Yesus adalah Mesias yang dijanjikan
e. Metode Pembelajaran
Metode Pembelajaran : Discovery Learning
Metode : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran
f. Media Pembelajaran
Media:
1. Wroksheet atau lembar kerja (siswa)
2. Lembar Penilaian
3. LCD Proyektor
Alat/Bahan:
1. Penggaris, spidol, papan tulis
2. Laptop dan infocus
Sumber Belajar
1. Buku Penididikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Siswa Kelas VIII, Kemendikbut, Tahun 2016
2. Buku referensi yang relevan
3. Lingkungan setempat
A. Penilaian
1. Sikap Spritual
a. Teknik : Penilaian Diri
b. Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian Diri
c. Kisi-kisi
2. Sikap Sosial
a. Teknik : Observasi
b. Bentuk Intrumen : Lembar Observasi
c. Kisi-kisi :
3. Pengertian
a. Teknik : Tertulis
b. Bentuk Instrumen : Uraian
c. Kisi-kisi :
4. Keterampilan
a. Teknik : Penugasan
b. Bentuk Instrumen : Membuat Usaha Melestarikan Lingkungan
c. Kisi-kisi :
Terimakasih atas kesempatan ini yang kami bisa bagikan kepada saudara-saudari terkasih, semoga ini menjadi manfaat bagi kita semua dan menjadikan referensi untuk sebagai pegangan calon guru yang sedang mengajar. Jika kita mau melihat secara lengkap dari RPP tersebut, coba kita bisa klik tanda warna biru dibawah ini, supaya kita libih mudah melihat secara rinci pembuatan RPP Tersebut. Untuk itu silahkan di unduh dibawah ini.
Unduh RPP Agama Katolik Kelas 8 Revisi